facebook

Dari 5 Hal Kecil Ini Ternyatadapat Membuat Hidupmu Bahagia

Zahrin Nur Azizah
Dari 5 Hal Kecil Ini Ternyatadapat Membuat Hidupmu Bahagia
Ilustrasi Bahagia. (Pexels/juan mendez)

Kalian pasti pernah mendengarkan seseorang berucap seperti ini, “Bahagiaku itu simple, lihat dia tersenyum ke aku itu rasanya bahagia banget”, atau yang lainnya seperti “Makan mi rebus pakai telur terus dimakan saat hujan itu rasanya nikmat banget”. Yah, benar sekali. Setiap orang memiliki kebahagiaannya tersendiri dan tidak ada yang sama satu sama lain.

Setiap orang itu berhak untuk bahagia dan itu tidak dapat dipungkiri. Memang hidup tidak selalu bisa berjalan dengan mulus seperti yang diharapkan. Namun rintangan dan cobaan yang ada bukan menjadi alasan menghalangimu untuk bahagia. 

Seperti yang telah disebutkan di atas kebahagiaan bisa muncul dari hal-hal kecil yang seringkali dianggap sebelah mata. Namun siapa sangka dari hal kecil tersebut bisa memberikan kebahagian dan membangkitkan semangat hidup bagi orang yang sedang sedih.

Berikut ini 5 hal kecil yang ternyata bisa membuat bahagia kembali,

1. Didengarkan saat bercerita

Salah satu hal yang membuat bahagia adalah ketika kita bercerita dengan orang lain dan orang tersebut terus mendengarkan kita tanpa menginterupsi. Melihat mereka antusias saat mendengarkan curhatan kita itu rasanya bahagia sekali apalagi jika mereka tidak mengejek atau tidak membandingkan cerita kita dengan menimpali kalimat seperti “Kamu masih mending, nah aku .....” atau perkataan lainnya yang membuat kita menjadi bad mood.

2. Orang asing yang mengucapkan “terimakasih”

Membantu orang lain dan mendapatkan ucapan terimakasih dari mereka merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang. Kadang kala hanya mendapatkan senyuman dari orang lain atas perbuatan baik yang kita lakukan pun bisa membuat hati menjadi senang. Jadi, ketika ada orang lain yang membantu atau berbuat baik pada kita alangkah baiknya jika segera mengucapkan terimakasih padanya.

3. Tiba-tiba menemukan uang di saku celana

Walaupun sudah mengetahui kalau itu uang milik sendiri, tapi tetap saja bahagia jika menemukannya secara tiba-tiba. Di pikiran langsung terbersit ingin digunakan untuk membeli apa saja dengan uang ini. Padahal uang yang ditemukan nominalnya tidak besar juga namun rasa ingin membeli sesuatu lebih besar daripada menyimpannya atau menabungnya. 

4. Bermain dengan hewan peliharaan

Sebagian orang memiliki hewan peliharaan dengan tujuan sebagai hiburan atau hanya sekadar hobi. Nah, di kala waktu luang bermain dengan hewan peliharaan merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tentu saja bisa menghilangkan stres. Apalagi jika kamu memiliki anabul atau anak bulu seperti kucing, anjing, atau hamster. Wah, dijamin kamu tidak akan bosan jika bermain bersama dengan mereka.

5. Mendengarkan lagu favorit

Mendengarkan lagu saat sedang sedih memang bisa membuat perasaan menjadi lebih baik. Apalagi jika lagu yang didengarkan adalah lagu favorit. Kalau zaman dulu saat mendengarkan radio dan tiba-tiba lagu favorit kita diputar, pasti kita langsung bernyanyi dan tidak peduli dengan tanggapan orang sekitar. Sedangkan kalau zaman sekarang, bisa mendengarkan playlist lagu favorit tanpa diganggu oleh iklan adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi kita, benar tidak? 

Nah, itu tadi lima hal kecil yang bisa membuat seseorang bahagia. Mungkin bagi orang lain itu tidak bernilai apa-apa. Namun bagi seseorang yang sedang bersedih hal-hal kecil itulah yang bisa mengembalikan lagi semangatnya yang hilang dan mendorongnya untuk bahagia kembali. Perlu diingat juga kebahagiaan setiap orang itu berbeda dan juga tidak bisa disamakan satu sama lain.

Oleh karena itu, jika kamu melihat orang lain sedang bahagia ikutlah bahagia juga. Kalau tidak bisa cukup hargai dan hormati mereka dengan tidak merusak kebahagiaan mereka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak