facebook

5 Skill Penting Dunia Kerja yang Perlu Kamu Persiapkan dari Sekarang

Latifah ..
5 Skill Penting Dunia Kerja yang Perlu Kamu Persiapkan dari Sekarang
Ilustrasi wanita karier (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan gak cukup dengan modal nilai bagus aja, lho. Ada banyak skill atau kemampuan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, dan menjadi nilai plus bila sudah dipersiapkan dari sekarang.

Lalu, apa saja skill yang dimaksud? Untuk mengetahui kelanjutannya, simak pembahasannya di bawah ini, yuk!

1. Komunikasi lisan

Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu skill yang penting banget untuk kamu kuasai sebelum masuk ke dunia kerja. Di bidang apa pun, kamu pasti akan bersinggungan dengan orang lain, maka dari itu kemampuan komunikasi yang baik wajib dilatih.

Dengan komunikasi yang baik, kamu jadi dapat mengemukakan ide atau masukan secara tepat ke atasan, yang pastinya bisa mendongkrak karier.

Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantumu ketika berinteraksi dengan rekan kerja sehingga mendapatkan lingkungan kerja yang suportif. Begitu pula saat berhadapan dengan klien, skill komunikasi yang baik akan membuat klien nyaman serta memperbesar peluangmu untuk menjual produk atau jasa.

2. Komunikasi tulisan

Gak hanya komunikasi dalam bentuk tulisan aja, lho, yang perlu dipersiapkan dari sekarang. Komunikasi lewat tulisan pun penting dipelajari sebelum masuk dunia kerja.

Saat bekerja, kamu akan familiar sekali dengan komunikasi lewat email atau melakukan surat-menyurat. Jangan sampai karena gak dipersiapkan, ketika bekerja nanti ada banyak masalah yang ditimbulkan misalnya karena kamu salah ketik, atau tata bahasamu yang dianggap kurang sopan.

3. Kemandirian

Salah satu faktor pertimbangan seseorang bisa mendapatkan promosi adalah kemandirian. Perusahaan akan lebih senang dengan karyawan yang mandiri atau memiliki inisiatif tinggi dibanding karyawan yang apa-apa harus menunggu instruksi.

4. Kemampuan berbahasa asing

Di era digital seperti sekarang di mana batas wilayah sudah tak lagi jadi penghalang, kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan di dunia kerja. Hal ini akan membantumu kelak ketika harus berhadapan dengan klien dari negara lain. Pastinya komunikasi akan berjalan dengan lebih lancar bila tidak ada kendala bahasa.

5. Public speaking

Skill selanjutnya yang wajib kamu persiapkan sebelum memasuki dunia profesional, adalah kemampuan berbicara di depan umum. Saat di dunia kerja nanti, kamu gak akan asing dengan tugas presentasi, baik di depan atasan, rekan kerja, ataupun klien.

Maka dari itu, bila saat ini ada tugas-tugas sekolah atau kuliah yang menuntut untuk berbicara di depan umum, gunakan kesempatan tersebut untuk berlatih. Jadi, ketika sudah bekerja kamu telah terbiasa melakukannya.

Itu dia beberapa skill penting yang dibutuhkan di dunia kerja dan mesti dipersiapkan dari sekarang. Sudah menguasai yang mana saja?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak