facebook

5 Bahaya Terlalu Bergantung pada Kekasih, Jangan Sampai Menyesal!

Mutami Matul Istiqomah
5 Bahaya Terlalu Bergantung pada Kekasih, Jangan Sampai Menyesal!
ilustrasi pasangan.[freepik.com/freepik]

Terlalu bergantung kepada pasangan bukan merupakan hal baik, namun masih kerap kali dialami oleh tidak sedikit orang. Merasa terlalu bergantung kepada pasangan harus segera dihilangkan. Apalagi, jika masih sebatas pacar, atau belum jelas bagaimana hubungan akan berjalan ke depannya. 

Akan lebih baik apabila kita memperbaiki diri agar lebih mengandalkan diri sendiri dan tidak menggantungkan diri kepada orang lain. 

Lantas, sebenarnya apa bahaya dari terlalu bergantung kepada pasangan tersebut?

1. Tidak mandiri 

Tidak mandiri disini, diartikan sebagai kamu tidak bisa melakukan apapun tanpa dirinya. Sehingga kamu akan merasa sedikit tersiksa jika harus berjauhan. 

Padahal dalam hidup ini, akan banyak hal yang sangat memungkinkan kamu dan pasangan untuk tinggal berjauhan. Misalnya saja karena kepentingan pendidikan maupun pekerjaan. 

Jika kamu terlalu bergantung kepada pasangan, kamu akan kesulitan menerima kenyataan itu. 

2. Mengkhawatirkan perpisahan 

Terlalu bergantung juga akan membuatmu kesulitan menerima kata pisah. Padahal seiring berjalannya waktu, si dia belum tentu menjadi seseorang yang tetap baik. 

Mungkin saja, seiring berjalannya waktu beberapa kebiasaan buruknya mulai terlihat. Namun karena kamu sudah terlalu bergantung kepadanya, kamu akan kesulitan menerima hal itu. Sekalipun si dia adalah orang yang buruk, kamu akan terus mempertahankannya.

3. Mengabaikan hubungan yang lain 

Terlalu bergantung kepada pasangan akan membuatmu mengabaikan hubungan yang lain. Misalnya saja hubungan dengan orang tua atau keluarga, bahkan hubungan pertemanan. 

Hal itu dikarenakan kamu yang terus memikirkan si dia, dan ingin selalu menghabiskan waktu bersamanya. Hal itu menutup matamu kepada kebutuhan sosialmu dengan orang lain. Padahal kamu membutuhkan itu. 

4. Tidak fokus kepada hidup sendiri

Seseorang yang sudah terlanjur bergantung kepada kekasihnya, akan memiliki titik fokus yang membelah. Tidak lagi fokus pada cita-cita maupun tujuan diri sendiri, bahkan lebih memprioritaskan kehidupan kekasih. 

Sebenarnya, peduli dan mendukung kekasih untuk mengejar cita-citanya adalah hal yang sah-sah saja. Namun, mengabaikan diri sendiri bukanlah hal yang baik. 

Sebelum memperhatikan orang lain, kamu harus terlebih dulu melihat dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri itu sangat penting. 

5. Kehilangan motivasi 

Ketika kamu sibuk dengan kekasihmu, mungkin kamu akan melupakan motivasi yang sejak kecil kamu tanamkan dalam hati. Lambat laun, kamu akan kehilangannya. 

Padahal, sedari kecil kamu sudah memupuknya dengan baik. Namun bermatakan hanya karena urusan percintaan. 

Padahal, mungkin hal itu juga yang sudah orang tuamu harapkan. Ketika kamu tidak bisa memenuhinya, kamu akan membuat kecewa banyak orang. Bahkan sangat mungkin kamu hidup dengan penuh penyesalan. 

Itu dia 5 bahaya terlalu bergantung kepada kekasih. Mencintai seseorang itu wajar, kok. Tapi segala sesuatu yang berlebihan memang tidak pernah baik. Salah satunya adalah terlalu bergantung! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak