facebook

8 Langkah untuk Lebih Menikmati Hidup

Sapta Stori
8 Langkah untuk Lebih Menikmati Hidup
Ilustrasi wanita yang sedang bahagia.(unsplash.com/Peter Conlan)

Hidup yang kita jalani saat ini hanya akan kita lewati satu kali dan tak akan pernah terulang lagi. Sudah selayaknya kita menikmati setiap momen dalam kehidupan kita, baik suka maupun duka. Walau tidak selalu berjalan mulus dan mudah, kehidupan yang kita jalani merupakan karunia Tuhan yang amat besar dan semestinya kita syukuri.

Tak jarang, kita merasa tidak mampu menikmati hidup kita sendiri. Kita merasa gelisah dan tidak merasa puas dengan kehidupan yang kita miliki. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar kita bisa lebih menikmati hidup.

Berikut 8  langkah agar bisa lebih menikmati hidup.

1. Berhenti meratapi masa lalu

Waktu tidak akan berjalan mundur. Masa yang telah berlalu tentu sudah terlewat dan tidak akan pernah kembali. Apa yang terjadi di masa lalu tidak semestinya kita ratapi atau sesali, sampai membuat kita lupa menikmati kehidupan kita saat ini.

2. Berhenti mengkhawatirkan masa depan

Tidak ada gunanya memikirkan sesuatu yang belum terjadi. Hal itu hanya akan membuat kita gelisah sepanjang hari. Padahal, tidak ada manusia yang mengetahui seperti apa masa depan yang menantinya. Kita tidak perlu memikirkan hal-hal yang berada di luar jangkauan kita.

Lagipula, kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput. Saat kita mengkhawatirkan akan seperti apa masa depan kita, masa depan itu sendiri pun belum tentu akan datang kepada kita.

3. Jalani masa kini dengan sungguh-sungguh

Lakukanlah apa yang saat ini mampu kita lakukan. Fokuslah untuk menjalani kehidupan yang tengah kita jalani sekarang dengan sungguh-sungguh. Kerahkan kemampuan terbaik kita. Nikmati waktu, kehidupan dan usia yang masih Tuhan karuniakan kepada kita sekarang.

4. Jauhi sifat iri dan dengki

Berhentilah menginginkan apa yang orang lain miliki. Rezeki setiap orang pastilah berbeda-beda. Perasaan iri, apalagi sampai menimbulkan sifat dengki kepada orang lain, hanya akan membuat kita kehilangan kenikmatan menjalani hidup dan sulit untuk bersyukur atas apa yang kita miliki dalam hidup kita.

5. Jauhi prasangka buruk

Prasangka buruk yang ada di benak kita belum tentu benar seperti itu adanya. Jika kita hanya menduga-duga, kita akan terjebak dalam pikiran kita sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menyingkirkan pikiran-pikiran buruk yang menyebabkan kita sulit menikmati hidup.

6. Kendalikan keinginan

Jangan sampai kita dikendalikan oleh keinginan kita sendiri. Hal ini akan membuat kita tidak merasakan nikmatnya menjalani kehidupan dan tersiksa saat keinginan kita tidak terpenuhi. Sebab, pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang tidak pernah merasa puas. Justru sebaliknya, kitalah yang harus mengendalikan keinginan kita, karena kita haruslah mengutamakan kebutuhan daripada sekadar keinginan.

7. Jangan berharap terlalu banyak pada orang lain

Menaruh banyak harapan kepada orang lain hanya akan membuat kita kerap merasa kecewa. Bagaimanapun, orang lain tidak akan bisa selalu ada untuk diri kita atau memenuhi semua keinginan kita. Selain karena manusia memiliki kekurangan dan tidak luput dari kesalahan, mereka juga tentunya memiliki permasalahan mereka masing-masing.

8. Banyak-banyak bersyukur

Sekalipun kehidupan yang kita jalani tengah berada dalam masa sulit, kita harus senantiasa mencari alasan untuk tetap merasa bersyukur. Hal ini akan membantu kita untuk tetap menikmati setiap suka dan duka dalam kehidupan. Apa yang terjadi pastilah yang terbaik menurut-Nya untuk kita.

Nikmatilah hidup ini dengan melakukan hal-hal yang berfaedah dan membebaskan diri kita dari hal-hal yang sia-sia. Kelola diri kita dengan baik, jauhi sifat-sifat tercela dan jadilah pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Gunakanlah waktu yang kita miliki selagi hidup di dunia ini dengan sebaik-baiknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak