facebook

5 Cara Mensyukuri Hidup, Yuk Mulai dari Sekarang!

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Mensyukuri Hidup, Yuk Mulai dari Sekarang!
Ilustrasi perempuan tersenyum (Freepik.com/tirachardz)

Hidup tidak mungkin selalu berjalan mulus. Semua orang punya fase sendiri-sendiri dalam hidupnya, dan tidak bisa disamakan. 

Namun, mensyukuri hidup adalah salah satu hal penting agar kita bisa merasa tenteram dan bahagia dalam menjalani kehidupan. Ya, memang tidak selalu baik. Justru lebih banyak hal yang berat dan pahit, namun yang harus kita syukuri adalah kita yang masih diberi kekuatan untuk melewati semua itu dan masih berdiri hingga sekarang. 

Beberapa hal di bawah ini merupakan beberapa cara mensyukuri hidup agar kita merasa lebih bahagia. 

1. Menjalankan ibadah 

Beribadah menjadi salah satu cara untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan yang selalu memberimu kesempatan dan kekuatan untuk menghadapi dan melewati banyak hal. 

Banyak hal yang terjadi yang jika dipikirkan akan terlalu rumit untuk dijalani, namun kuasa Tuhan membuat kita mampu menampik kata mustahil itu, dengan kemampuan dan ketegaran.

2. Berterima kasih kepada diri sendiri 

Jangan pernah lupa untuk berterima kasih kepada diri sendiri yang sudah menjadi sekuat dan sehebat ini. Enyahlah semua pendapat orang lain. Apapun yang terjadi, kamu harus berterima kasih kepada diri sendiri dan mencintainya sepenuh hati. 

Berterima kasih kepada diri sendiri akan membuat kamu merasa lebih baik, dan menjadi orang yang beruntung. Dengan begitu, kamu bisa memandang banyak hal dari sudut pandang kebaikan.

3. Menjalani hidup sebaik mungkin 

Salah satu cara untuk mensyukuri hidup adalah mengoptimalkan kehidupan itu sendiri. Menjalani hidup yang baik berarti kamu mengoptimalkan segala upaya untuk memuaskan dirimu kepada dunia yang sementara ini. 

Sebisa mungkin, menjauh dari beberapa hal yang hanya akan membuat masalah dalam kehidupan dan menggantinya dengan beragam hal yang lebih berkualitas dan bermanfaat. 

4. Berbagi

Berbagi kepada orang lain dilakukan sebagai bentuk syukur terhadap segala pencapaian yang telah kamu dapatkan. 

Berbagi tidak harus menunggu kaya karena berbagi tidak harus mewah. Berbagi semampu kita saja sudah luar biasa. Berbagi dimulai dari hal-hal kecil untuk orang sekitar. 

5. Tidak mengeluh 

Salah satu bukti kamu bersyukur adalah dengan tidak mengeluh. Bahkan dalam kondisi paling berat sekalipun, kamu masih bisa melihat banyak kebaikan. Dan merasa masih memiliki banyak kesempatan. 

Tidak mengeluh bukan hal yang mudah, namun hal tersebut adalah tanda jika kamu berusaha dengan semaksimal mungkin, namun tetap memasrahkan segala kebaikan kepada Tuhan. 

Itu dia 5 cara mensyukuri hidup. Semoga bermanfaat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak