facebook

Setiap Hari, 5 Cara Membuat Pikiran Lebih Tenang

Armando Bima Sakti
Setiap Hari, 5 Cara Membuat Pikiran Lebih Tenang
Ilustrasi healing. (Pexels/Samuel Theo Manat Silitonga)

Bagi sebagian orang, ini mungkin membuat stres. Jangan pernah berharap dunia atau kehidupan selalu menyenangkan, karena manusia yang melakukannya. Karena itu, Anda harus meningkatkan kedamaian dan ketenangan batin Anda. Dan ini adalah 5 cara membuat pikiran lebih tenang, yang mungkin bisa membantu Anda menjadi lebih tenang. Berikut ulasannya:

1. Kritik mengarah pada introspeksi

Pexels/Maik Kleinert
ilustrasi meditasi. (Pexels/Maik Kleinert)

Jangan pernah takut dihakimi atau dilukai. Ketika Anda menerima bahwa kritik yang dilontarkan kepada Anda itu nyata, jujurlah dengan hati kecil Anda. Anda perlu menyembuhkan diri Anda sendiri secara psikologis, bukan membuat tembok untuk menyembunyikan emosi kerentanan dan kelemahan. Ini lebih tentang belajar introspeksi dan menjadi lebih kuat sertalebih bijaksana. Dengan begitu, Anda bisa berdamai dengan masa lalu.

2. Teknik Pernapasan

Pexels/Valeria Ushakova
Ilustrasi bernafas. (Pexels/Valeria Ushakova)

Luangkan waktu Anda sekitar waktu 10-15 menit latihan atau sekedar membantu Anda untuk menenangkan pernapasan dan pikiran Anda. Saat Anda berlatih pernapasan, saraf yang mengatur sistem pernapasan berperan dalam membuat tubuh lebih rileks. Kompleks pra-Botzinger, bagian dari otak yang mengatur sistem pernapasan, memiliki peran untuk saraf, menurut sebuah studi kolaboratif yang dilakukan oleh University of California dan Stanford University School of Medicine. Anda mungkin menjadi lebih sabar dan tenang dengan melakukan latihan pernapasan.

3. Tetapkan tujuan untuk diri sendiri

Pexels/Suzy Hazelwood
Ilustrasi menulis. (Pexels/Suzy Hazelwood)

Orang yang lebih memiliki tujuan dan berorientasi pada tujuan lebih simpatik dan optimis. Tujuan mungkin membantu Anda mengetahui ke mana Anda ingin pergi dalam hidup. Jadikan mimpi Anda menjadi narasi yang benar, bukan fantasi.

4. De-Clutter

Pexels/Julia M Cameron
Ilustrasi donasi. (Pexels/Julia M Cameron)

Karena bahkan hal-hal kecil di lingkungan Anda dapat berdampak. Singkirkan semua yang tidak Anda butuhkan atau berikan kepada seseorang yang membutuhkannya. Memilih hal-hal dari hidup yang tidak Anda gunakan dapat berdampak pada lingkungan tempat Anda tinggal. Untuk menjaga kerapian dan kebersihan.

5. Lepaskan apa yang tidak bermanfaat

Pexels/cottonbro
ilustrasi gibah. (Pexels/cottonbro)

Anda berhak memilih siapa yang datang ke dalam hidup Anda, jenis pekerjaan apa yang Anda jalani, dan seterusnya. Anda hanya perlu menentukan kelebihan dan kekurangan, serta aspek baik dan buruknya.

Kembangkan ketenangan batin Anda. Jadilah pribadi yang bahagia yang tidak menyesali jatuh bangunnya hidup. Anda lebih dari orang yang memiliki persenjataan yang kuat untuk bertahan hidup di dunia ini. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak