facebook

4 Tips Meningkatkan Skill Membaca, Dijamin Ingat!

Rizky Melinda Sari
4 Tips Meningkatkan Skill Membaca, Dijamin Ingat!
Ilustrasi membaca (pexels)

Pasti kita pernah membaca sesuatu, entah itu buku pelajaran, komik, novel, cerita, atau apa pun, tetapi beberapa saat kemudian kita sudah lupa dengan apa yang telah kita baca. 

Membaca itu tidak hanya asal baca saja, ada beberapa teknik yang bisa kita terapkan agar apa yang kita baca bisa melekat di otak dan tidak mudah terlupakan begitu saja. 

Membaca yang efektif akan membantu dan mempermhdah kita untuk mengingat. Bukan apa yang kita baca yang membuat kita lupa, tetapi cara kita membaca yang keliru lah yang sering membuat kita lupa.

Berikut ini adalah 4 tips atau cara yang bisa kamu terapkan untuk mengasah skill membaca, yuk disimak!

1. Tentukan tujuan dengan jelas

Sebelum mulai membaca sesuatu, tentukan dulu tujuan apa yang ingin kita capai setelah membaca buku tersebut. Kita bisa membuat beberapa tujuan spesifik agar bacaan kita lebih terarah dan tidak melenceng. 

Tujuan yang jelas dan rinci juga akan membuat kita terpacu serta semangat untuk membaca. Tentukan tujuan membaca seperti, apa yang ingin dicari dari isi buku tersebut? Apa manfaat membaca buku itu? 

2. Tanyakan hal seputar kaliamt yang dibaca

Pada saat membaca, kita akan mendapat informasi baru. Agar informasi tersebut tidak terlupakan begitu saja, kita bisa membuat beberapa pertanyaan yang harus kita jawab sendiri agae informasi tersebut tidak cepat terlupakan.

Ajukan pertanyaan seperti, kenapa aku harus mempelajari materi ini? Bagaimana cara yang tepat untuk menerapkan materi ini? Kapan aku harus menerapkan informasi ini?

3. Beri tanda pada informasi yang penting 

Untuk memudahkan kita menemukan informasi penting, beri tanda dengan highlight atau stabilo atau dengan sticky note di bagian yang menurut kita berisi informasi menarik.

Semakin banyak bagian yang ditandai artinya semakin banyak informasi yang kita dapatkan. 

4. Menulis poin utama

Agar ingatan kita dapat lebih tajam dan terasah, salah satu kebiasaan yang bisa kita latih adalah dengan menulis poin-poin penting atau utama yang mendasari informasi yang sedang kita baca. Ada berbagai metode menulis yang bisa kita terapkan, mulai dari mindmap hingga membuat ringkasan di Ms Word.

Itulah empat tips atau cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca. Jadi, mulai sekarang jangan asal baca saja!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak