facebook

4 Manfaat jika Anak Punya Lebih Sedikit Mainan, Jadi Lebih Kreatif!

Riva Khodijah
4 Manfaat jika Anak Punya Lebih Sedikit Mainan, Jadi Lebih Kreatif!
Ilustrasi anak sedang bermain (pexels.com/Polesie Toys)

Dunia anak-anak sangat erat kaitannya dengan bermain. Itu sebabnya, banyak orangtua yang membelikan berbagai mainan untuk menyenangkan anak.

Akan tetapi, sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan mainan untuk si kecil, lho. Berikut akan diulas beberapa manfaat apabila anak punya lebih sedikit mainan. Apa saja manfaat yang bisa didapat? Mari simak pembahasannya berikut ini!

1. Anak jadi lebih fokus

Terlalu banyak mainan bisa membuat perhatian anak jadi gak fokus. Anak akan mudah sekali bosan dan terdistraksi akibat pilihan mainan yang ada terlalu banyak.

Padahal, seperti diketahui kemampuan untuk fokus ini sangatlah penting dalam ranah kehidupan apa pun. Orang yang mampu fokus akan lebih mudah mempelajari sesuatu, serta berpeluang lebih sukses dalam hal karier.

Maka dari itu, ayah bunda bisa mengajari anak untuk fokus mulai sekarang. Misalnya, dengan memberikan mainan untuk anak dalam jumlah sedikit.

2. Anak jadi lebih bersyukur

Anak yang terlalu mudah dibelikan mainan umumnya kurang menghargai. Hal tersebut ditunjukkan dari perilaku meletakkan mainan sembarangan, atau mainan cepat sekali rusak karena gak dijaga dengan baik. Perilaku ini termasuk contoh kurangnya bersyukur, lho.

Sebaliknya, bila anak diberikan mainan yang sedikit, maka ia akan bisa lebih menghargai. Mainannya akan dirawat dan dijaga supaya bisa tahan lama. Kalau enggak, dia sendiri yang ribet karena mainannya rusak. Justru membatasi mainan akan mendorong si kecil jadi lebih bersyukur.

3. Anak lebih kreatif

Karena jumlah mainannya sedikit, anak jadi terdorong memanfaatkan mainan tersebut semaksimal mungkin. Berbeda bila mainan yang dimiliki banyak pilihannya. Anak jadi gampang sekali bosan dan mendorong otaknya untuk berpikir gimana memanfaatkan mainan yang dia punya.

4. Mengajarkan anak untuk berbagi

Karena mainan yang tersedia gak banyak, otomatis anak jadi gak leluasa main. Justru kondisi ini akan mendorong anak untuk saling bertukar mainan dan berbagi. Secara tidak langsung, kondisi sedikit mainan justru mendorong anak untuk bisa berinteraksi sosial dengan baik, lho.

Nah, itu dia beberapa manfaat jika anak memiliki sedikit mainan. Bagaimana menurut ayah bunda?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak