facebook

4 Alasan Kamu Perlu Membiasakan Diri Berpikir Positif, Demi Hidup Bahagia!

Riva Khodijah
4 Alasan Kamu Perlu Membiasakan Diri Berpikir Positif, Demi Hidup Bahagia!
Ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Steven Aguilar)

Pola asuh orangtua, pengaruh lingkungan, serta berbagai pengalaman hidup yang dialami bisa membuat kepribadian seseorang berbeda-beda. Ada yang kemudian jadi terbiasa berpikir negatif, ada pula yang selalu tampak optimis karena hampir selalu mampu berpikir positif.

Nah, berikut ini akan diulas kenapa kamu perlu banget untuk membiasakan diri berpikir positif. Mari simak ulasannya berikut ini!

1. Meminimalkan stres

Seperti diketahui, hidup ini memang tak lepas dari masalah. Siapa pun pasti punya problem berbeda-beda. Itu sebabnya stres sama sekali gak bisa dihindari.

Berita baiknya, stres bisa diminimalkan. Salah satunya dengan membiasakan diri berpikir positif. Berpikir positif akan membuatmu optimis bahwa permasalahan yang sedang dialami saat ini pasti ada solusinya.

Sebaliknya, kalau kamu berpikir negatif, maka akan berpikir kalau masalah ini sebagai hukuman dan sama sekali gak ada jalan keluarnya. Akibatnya, kamu jadi gak bertindak apa-apa untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Makin stres jadinya!

2. Tubuh jadi gak gampang sakit

Di antara penyebab penyakit, yakni tekanan pikiran. Itu sebabnya orang yang selalu dilanda stres umumnya jauh lebih rentan kena penyakit dibanding orang yang hidupnya bahagia.

Maka dari itu, mulai sekarang coba deh mulai kebiasaan untuk berpikir positif. Dengan begitu, apa pun permasalahan yang sedang dihadapi gak sampai membuatmu tertekan terus-menerus. Dengan demikian, daya tahan tubuhmu pun akan terjaga dan gak gampang sakit jadinya.

3. Mengurangi risiko depresi

Ada banyak orang yang masih menyepelekan dampak dari depresi. Padahal, depresi gak hanya bikin hidup seseorang berantakan, tapi juga bisa mendorong seseorang jadi melukai diri sendiri dan orang lain.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah depresi, adalah membiasakan diri untuk berpikir positif. Dengan begitu, kamu gak selalu tertekan, dan kesehatan mentalmu jadi terjaga.

4. Disenangi banyak orang

Orang yang terbiasa berpikir negatif biasanya pesimis dan sering mengeluh. Itu sebabnya orang yang kerap berpikir negatif biasanya gak punya banyak teman. Bikin lelah mental!

Sebaliknya, orang bakal senang berinteraksi bila kamu terbiasa berpikir positif. Gak hanya aura tenang dan bahagiamu itu bisa menulari orang lain, kemampuanmu untuk optimis pun jadi menginspirasi sekitarnya, lho.

Itu dia beberapa manfaat dari berpikir positif. Bisa bikin hidupmu bahagia dan berkualitas!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak