facebook

4 Masalah Umum yang Sering Dialami Pasangan Menikah, Sudah Tahu?

Riva Khodijah
4 Masalah Umum yang Sering Dialami Pasangan Menikah, Sudah Tahu?
Ilustrasi pasangan suami istri (pexels.com/Vlada Karpovich)

Semua lini kehidupan pasti gak lepas dari masalah. Begitu pula dalam pernikahan. Pasti ada saja persoalan yang menguji cinta pasangan.

Nah, supaya kamu lebih siap dalam mengarungi mahligai rumah tangga, ada baiknya kenali apa saja permasalahan umum yang kerap dialami oleh pasangan menikah. Mari simak!

1. Perselingkuhan

Bisa dibilang perselingkuhan termasuk ‘dosa besar’ dalam pernikahan. Ada dua kubu dalam menghadapi pasangan berselingkuh.

Pertama, ada pasangan yang bisa ikhlas memaafkan dan terus melanjutkan hubungan pernikahan. Untuk kubu ini, pastikan kalau kamu benar-benar bisa memaafkan dan memberi kepercayaan sepenuhnya ke pasangan, ya. Supaya pernikahan yang nantinya dijalani gak selalu dihantui rasa curiga.

Kedua, ada pula pasangan yang gak bisa menerima ketika orang yang dicintainya ternyata berselingkuh. Jangan merasa bersalah untuk mengambil keputusan ini. Bukan berarti kamu gak bisa memaafkan. Hanya saja, memaafkan bukan berarti bisa melupakan. Jika sulit melupakan perbuatan selingkuhnya, kendati pernikahan diteruskan maka hasilnya gak akan baik. Itu sebabnya, pisah jadi opsi lebih baik.

2. Hubungan seksual

Permasalahan selanjutnya yang kerap dialami pasangan menikah, yakni menyangkut perkara hubungan seksual. Umumnya masalah terjadi ketika ada salah satu pihak yang tidak merasa puas.

Untuk mengatasinya, coba berkomunikasi secara terbuka ke pasangan, ya. Memendamnya gak akan menyelesaikan masalah. Bicarakan apa yang membuatmu tidak puas dalam urusan ranjang supaya nantinya bisa dicari solusi agar kedua pihak sama-sama bahagia.

3. Perbedaan prinsip

Prinsip yang terlampau bertolak belakang memang akan menyulitkan. Misalnya, kamu mengedepankan prinsip kejujuran, termasuk dalam hal mendapatkan uang. Sementara pasangan lebih ‘fleksibel’ dan kerap gak merasa bersalah ketika mencari uang lewat jalur ‘abu-abu’.

Perbedaan prinsip yang sangat kentara ini bisa membuat pernikahan senantiasa diisi adu argumen dan bikin rumah tangga jadi gak nyaman. Itu sebabnya, ada baiknya sebelum menikah bicarakan dulu prinsip kalian masing-masing supaya perbedaan tersebut tidak terlalu berjarak.

4. Keluarga

Masalah umum lainnya yang sering dialami pasangan menikah, adalah persoalan keluarga. Umumnya keluarga yang terlalu ikut campur terhadap urusan rumah tangga kalian.

Nah, untuk mengatasi ini dibutuhkan kesepakatan atau satu suara antara suami istri. Itulah kenapa penting sekali komunikasi yang baik, supaya masalah apa pun bisa dibicarakan dan diputuskan bersama.

Itu dia beberapa masalah yang umum dialami pasangan suami istri. Dengan mengetahuinya, mudah-mudahan kamu dan pasangan bisa menyikapi dengan tepat jika sekiranya menemui permasalahan yang sama, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak