facebook

5 Cara Menyikapi Masalah dengan Pasangan, Dengarkan Pendapatnya!

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Menyikapi Masalah dengan Pasangan, Dengarkan Pendapatnya!
ilustrasi pasangan meminta maaf (freepik.com/Drazen Zigic)

Sepandai apa pun kita menjaga hubungan, tetap akan ada saja masanya masalah datang menghampiri hubungan itu. Dan kita harus siap bersikap dewasa serta mengambil langkah bijaksana. 

Sebaiknya, masalah yang ada bisa membuat hubungan semakin kuat dan memahami satu sama lain. Bukan malah menjadi jalan untuk berpisah.  Nah, di bawah ini merupakan beberapa cara menyikapi masalah dengan pasangan.

1. Bersikap tenang

Yang pertama, kamu harus menenangkan dirimu sendiri. Jangan sampai kamu masih terbawa emosi. Walaupun emosi adalah hal yang sangat wajar, namun kamu harus berusaha untuk meredamnya ketika kamu ingin menyelesaikan hal tersebut dengan pasangan

2. Membicarakan Masalah

Cara menyikapi masalah dengan pasangan kedua, kamu harus membicarakannya dengan sikap tenang. Masalah sekecil apapun, usahakan untuk selalu membicarakan berdua. 

Jangan sampai kamu menjadi pribadi yang tertutup untuk menyelesaikan sebuah masalah atau menjadi orang yang pasif ketika masalah itu terjadi. 

Bicarakan dengan jujur dan terbuka. Hal itu akan membuat kamu dan pasangan semakin kompak dan terbiasa menyelesaikan sesuatu bersama. 

3. Dengarkan pendapat pasangan

Dalam menyelesaikan masalah dengan pasangan, kamu harus menjadi orang yang terbuka untuk menerima pendapat pasangan. Jangan sampai kamu menutup telinga agar semua orang bisa menuruti apa maumu sendiri. Pasalnya, dalam sebuah hubungan bukan sekadar tentang kamu maupun pasangan, tapi yang utama adalah tentang hubungan kalian. 

Pendapat pasangan sangat diperlukan agar kamu tidak melihat masalah dari satu sudut pandang, namun kamu bisa melihatnya dari sudut pandang yang lain. 

4. Fokus pada solusi 

Cara menyikapi masalah yang paling bijak adalah bukan tentang siapa atau apa penyebabnya. Namun, apa solusinya. Kamu dan pasangan harus fokus pada solusi yang akan menyelesaikan permasalahan. Bukan tentang mengungkit kesalahan satu sama lain, karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. 

5. Minta maaf jika salah

Kalau kamu merasa salah, kamu harus berani mengakuinya. Kamu harus meminta maaf dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

Bersyukur kalau pasangan masih mau menerima kamu dan memberikan kesempatan. Kalau pasangan merasa kesalahanmu terlalu besar dan tidak bisa lagi untuk ditolerir, maka kamu harus menerima keputusannya sebagai sebuah konsekuensi. 

Itu dia 5 cara menyikapi masalah dengan pasangan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak