facebook

5 Tips Berdiskusi dengan Bijaksana, Kamu akan Disenangi Banyak Orang!

Riva Khodijah
5 Tips Berdiskusi dengan Bijaksana, Kamu akan Disenangi Banyak Orang!
Ilustrasi diskusi (pexels.com/mentatdgt)

Setiap orang mungkin bisa berdiskusi. Tapi, gak semua orang mampu menjadi lawan bicara yang baik ketika berdiskusi.

Dibutuhkan kebijaksanaan untuk bisa menjadi lawan bicara yang baik. Untuk itu, berikut ini akan dibahas mengenai tips berdiskusi dengan bijaksana supaya kehadiranmu bikin nyaman dan disenangi banyak orang. Mari disimak tips berdiskusi dengan bijaksana.

1. Jadi pendengar yang baik

Orang gak akan suka diajak ngobrol ataupun berdiskusi olehmu kalau kamu selalu berusaha mendominasi pembicaraan. Sebaliknya, orang akan senang menjadikanmu teman diskusi kalau mampu menjadi pendengar yang baik.

Komunikasi yang baik terjadi secara dua arah. Jadi, jangan cuma mau jadi pembicara saja, ya. Tapi, berlatihlah untuk juga menjadi pendengar. Untuk itu, kurangi ego pribadi, ya.

2. Berpandangan terbuka

Di antara syarat penting untuk bisa berdiskusi dengan bijaksana, yaitu kamu mesti punya pemikiran terbuka. Kenapa hal ini penting?

Namanya diskusi, pasti orang lain juga punya pendapat sendiri, kan? Pandangan terbuka membuatmu bisa menerima dengan lapang dada perbedaan tersebut, sehingga diskusi gak sampai berujung saling adu siapa yang menang dan kalah.

3. Bersikap netral pada lawan bicara

Hal selanjutnya yang mesti kamu latih untuk bisa berdiskusi dengan baik, yakni bersikap netral pada lawan bicara. Ada kalanya ego diri membuatmu memandang rendah pendapat orang lain yang dianggap ‘gak level’. Misalnya, jika lawan bicara tersebut berusia lebih muda.

Padahal, nyatanya orang yang lebih muda bukan tak mungkin memiliki wawasan dan cara pandang lebih luas, lho. Sikap netral akan membantumu untuk mampu menerima berbagai pemikiran terlepas dari latar belakang orang yang berbicara.

4. Pandai mengendalikan emosi

Tips berdiskusi dengan bijaksana selanjutnya pandai mengelola emosi. Ada banyak diskusi yang kemudian berujung perseteruan sengit akibat gak bisa mengendalikan emosi. Ketika pendapatmu berbeda dan disanggah, bukannya coba melihat dari sudut pandang lawan bicara, tapi malah tersinggung. Sikap seperti ini gak disukai, lho.

5. Menghargai lawan bicara

Langkah selanjutnya agar bisa berdiskusi dengan bijaksana, yaitu cobalah menghargai lawan bicara. Hal paling simpel yang bisa dilakukan, yakni tidak memotong pembicaraan dan sungguh-sungguh mendengarkan.

Nah, itu dia beberapa tips tips berdiskusi dengan bijaksana. Gimana, sudah mempunyai berbagai poin-poin tadi? Kalau belum, dilatih ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak