facebook

Ingatlah 3 Hal Ini ketika Kamu sedang Menghadapi Masalah

Sapta Stori
Ingatlah 3 Hal Ini ketika Kamu sedang Menghadapi Masalah
Ilustrasi orang yang sedang mengalami masalah (Unsplash.com/Ethan Sykes)

Dalam hidup, masalah pasti akan datang silih berganti. Seringkali, kita tidak dapat menghindari atau menolaknya. Bagaimanapun, kita tetap harus menerima dan menghadapinya. Namun, di samping masalah yang harus kita hadapi, kehidupan sehari-hari yang terus berjalan juga tetap harus kita jalani.

Ketika tengah menghadapi masalah, seringkali kamu jadi abai terhadap diri dan kehidupanmu. Rasanya tidak ingin melakukan apa pun, sehingga rasa malas kerap menghampiri dan inginnya terus termenung seharian. Padahal, hal ini berdampak buruk pada dirimu sendiri.

Tiga hal berikut ini penting untuk tetap kamu ingat, meski kamu sedang menghadapi masalah, di antaranya:

1. Tetaplah menjaga pola makan dan istirahat

Ketika menghadapi sebuah permasalahan, seringkali kamu tidak berselera makan atau kesulitan untuk tidur. Kamu jadi lebih senang menghabiskan waktu untuk merenung dan melamun. Padahal, ketika kamu tidak memenuhi hak tubuhmu, segalanya hanya akan bertambah sulit dan rumit.

Meski sedang menghadapi suatu permasalahan, usahakan untuk tetap menjaga pola makan dan tidurmu. Hal ini akan membantumu tetap berpikir dengan jernih. Lagipula, sekalipun kamu tidak makan atau tidak tidur, masalahmu tetap ada dan tidak akan selesai. Justru, masalahmu malah akan bertambah jika kamu sampai jatuh sakit karenanya.

2. Ingatlah untuk tetap melaksanakan kewajiban

Masalah yang kita hadapi seringkali membuat kita malas untuk mengerjakan apa pun. Akibatnya, banyak kewajiban, seperti tanggung jawab pekerjaan, yang terbengkalai dan tidak terselesaikan. Tentu saja wajar bagimu untuk merasa sedih, tapi mengabaikan kewajiban-kewajibanmu malah akan memperparah masalahmu. Maka dari itu, ingatlah untuk tetap melaksanakan kewajibanmu.

3. Berhati-hatilah pada pikiran burukmu

Permasalahan hidup tidak jarang membuat seseorang merasa putus asa saking kalutnya. Hal ini tentu berbahaya, karena dapat berakibat fatal dan membuat pikiran menjadi tidak terkendali, sehingga menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Oleh karena itu, berhati-hatilah pada pikiranmu sendiri. Jangan sampai pikiran buruk menguasai dan mempengaruhimu. Berdoalah agar kamu dimampukan untuk menyelesaikan dan melalui semua permasalahan yang kamu alami. Kalau perlu, buatlah tulisan atau utarakan permasalahanmu pada orang-orang yang bisa kamu percaya. Siapa tahu, mereka bisa membantumu untuk mencarikan jalan keluarnya.

Permasalahan hidup memang seringkali tidak mudah dihadapi. Namun, anggaplah semua permasalahan itu sebagai sarana pendewasaan diri. Karenanya, jangan sampai masalah yang datang kepadamu membuatmu mengabaikan dirimu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak