facebook

Tak Perlu Marah, Ini dia 5 Cara Menyikapi Orang yang Membencimu!

Mutami Matul Istiqomah
Tak Perlu Marah, Ini dia 5 Cara Menyikapi Orang yang Membencimu!
ilustrasi orang marah. (freepik.com/benzoix)

Dalam hidup ini, kita tidak bisa memaksa orang lain untuk suka maupun tidak suka. Sebaik mungkin kita berusaha untuk menjadi orang yang baik, tetap akan ada saja orang yang tidak suka. Dan hal tersebut tidak perlu juga disikapi dengan balik tidak suka. 

Kita harus memahami bahwa perasaan seseorang tidak bisa kita kendalikan. Namun kita bisa mengatur bagaimana cara kita menyikapinya. Berikut ini merupakan beberapa cara menyikapi orang yang tidak suka atau membenci kita agar bisa menjadi suka. 

1. Tidak perlu emosi 

Ketika kamu mengetahui seseorang tidak menyukaimu, kamu tidak perlu emosi atau marah. Mungkin, mereka memiliki alasan sendiri kenapa sampai menjadikanmu sebagai seseorang yang dia benci. 

Kamu cukup introspeksi diri. Jika hal yang menjadi alasannya adalah kesalahanmu, kamu harus segera memperbaikinya. Namun jika tidak ada alasan yang jelas, kamu cuek saja!

2. Tetap ramah 

Meskipun kamu mengatahui seseorang membencimu, tetaplah bersikap ramah ketika kamu bertemu dengannya dengan tidak sengaja. Bagaimanapun, hal itu akan jauh lebih baik dan memberikan kesan yang baik untuk dirimu. Tidak peduli bagaimana dia akan melihatnya, yang penting kamu menjadi dirimu sendiri. 

3. Membantunya saat sedang kesulitan

Kita tidak pernah tau kapan seseorang berada dalam titik yang sulit dalam kehidupan mereka. Ketika kamu menjumpai orang yang membencimu sedang dalam kondisi sulit, ulurkan tanganmu untuk membantunya.

Cara terbaik melawan kebencian adalah dengan kepedulian. Ketika orang lain yang biasa dia sanjung justru tidak ada ketika dia butuh, sedangkan kamu, orang yang dia benci justru menjadi yang pertama membantunya, hal tersebut bisa membuat pandangannya kepadamu berubah. Dan menjadikan hubungan yang ada menjadi lebih baik. 

4. Tidak menghasut orang lain untuk membencinya 

Kamu tidak perlu mengahasut orang lain untuk membenci orang yang membencimu. Hal itu hanya seolah membuang-buang waktu, bahkan melibatkan orang yang seharusnya tidak perlu terlibat. 

Biarkan saja ketika orang yang membencimu mencoba mempengaruhi orang lain dengan ujaran untuk membencimu pula. Kamu hanya perlu diam. Biarkan Tuhan saja yang menjalankan rencana-Nya. 

5. Fokus pada diri sendiri 

Terlepas dari bagaimana pandangan orang lain tentangmu, kamu tetap harus menjadi seseorang yang berhasil. Keberhasilan itu bisa diraih dengan cara kamu fokus pada diri sendiri dan biarkan orang yang menghujatmu menjadi seseorang yang terkagum-kagum padamu suatu saat nanti. 

Dalam waktu yang ada, kamu harus memberikan pembuktian yang nyata. Jangan sampai kamu menjadi terpuruk hanya karena orang lain memandangmu buruk. Bagaimana masa depanmu, ada di tanganmu sendiri. 

Itu dia 5 cara menyikapi orang yang membencimu. Semoga bermanfaat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak