facebook

Sering Marah-Marah di Tempat Kerja? Amati 5 Ciri Kamu Alami Burnout

Latifah ..
Sering Marah-Marah di Tempat Kerja? Amati 5 Ciri Kamu Alami Burnout
Ilustrasi wanita sedang bekerja. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Burnout merupakan istilah yang menunjukkan kondisi stres akibat tekanan pekerjaan. Hal ini bisa disebabkan oleh beban tugas yang berlebih, kurang istirahat, ataupun hal lain terkait pekerjaan.

Lalu, seperti apa tanda-tanda kalau kamu mengalami burnout atau stres di tempat kerja? Berikut ciri-ciri yang bisa diamati. Simak, yuk!

1. Sering melakukan kesalahan kecil

Sering typo saat mengetik surat? Padahal, dulunya kamu terkenal sebagai pekerja teliti. Nah, kesalahan kecil seperti ini bisa jadi tanda kalau kamu sudah terlalu stres, lho.

Stres terus-menerus membuat tubuh jadi sulit rileks dan tegang terus. Akibatnya, jadi sulit konsentrasi sehingga sering melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang biasanya gak pernah terjadi.

2. Sering marah-marah

Ciri lain kalau kamu alami stres di tempat kerja, yakni jadi sering marah-marah. Hal ini sangatlah wajar mengingat beban pekerjaan yang besar membuatmu kurang mendapat istirahat.

Padahal, tubuh itu perlu istirahat memadai untuk bisa berfungsi normal, termasuk otak. Orang yang mendapatkan istirahat cukup dan sehari-harinya minim stres biasanya lebih mampu mengendalikan emosi dibanding orang yang kurang tidur karena terlalu diforsir untuk bekerja.

3. Sering menunda-nunda

Burnout juga bisa menyebabkan kamu jadi kerap menunda-nunda pekerjaan. Merasa kewalahan dengan tugas-tugas yang ada membuatmu malah jadi terasa gak berenergi untuk menyelesaikan semua itu. Apalagi ditambah kondisi kurang istirahat.

Semakin kamu menunda-nunda, maka semakin stres jadinya. Itulah kenapa, jika memang bisa dikerjakan sekarang, lakukan saja, jangan ditunda. Menundanya hanya bikin burnout kamu semakin parah.

4. Selalu merasa lesu

Kalaupun fisikmu baik-baik saja, belum tentu kondisi mentalmu. Terlalu memforsir diri untuk bekerja bisa membuatmu kelelahan mental. Dampak dari mental yang capek ini bisa dilihat dari perasaan lesu yang selalu kamu alami meskipun mendapat tidur yang cukup.

5. Susah tidur

Stres di tempat kerja juga bisa merusak jadwal tidur. Meski sudah tidur awal, otak rasanya sibuk terus yang bikin kamu kesulitan istirahat. Inilah kenapa penting sekali untuk membuat jadwal tidur agar tubuh terbiasa tidur di jam yang sama.

Cobalah untuk membagi waktu dengan lebih baik antara pekerjaan dan istirahat. Dengan demikian, tingkat stres di tempat kerja bisa ditekan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak