facebook

Inilah 7 Sikap yang Seharusnya Dimiliki oleh Setiap Orang Muslim

Rozi Rista Aga Zidna
Inilah 7 Sikap yang Seharusnya Dimiliki oleh Setiap Orang Muslim
Ilustrasi pergaulan sesama muslim (Pixabay.com/Olgaozik)

Manusia diciptakan ke muka bumi berperan sebagai khalifah. Setidaknya ia sebagai pemimpin atas dirinya sendiri. Memimpin sikapnya, mengolah ucapannya, mengatur waktunya, serta mengelola lingkungan sekitarnya. Rasulullah dalam hadisnya telah mengajarkan kepada kita bagaimana sikap seorang muslim yang menjadi rahmat bagi seluruh alam. 

Berikut tujuh sikap yang seharusnya dimiliki oleh setiap muslim:

1. Menahan amarah

Emosi atau marah boleh dirasakan, namun penyalurannya harus sesuai alasan. Jangan menjadi orang 'bersumbu pendek' yang dengan mudah 'meledak' meski hanya dengan permasalah yang sepele. Selain memang tidak diperbolehkan, sering emosi sangat berdampak buruk pada kesehatan.

2. Tegas

Kita harus tegas dalam memilih jalan yang benar. Jangan selalu ikut arus dan merasa tidak enak jika harus beda dengan orang lain yang salah. Kita harus punya prinsip. Jadilah seperti ikan di laut. Walaupun hidup di air asin, tapi tubuhnya tidak berasa asin, kecuali jika ia mati dan memang diasinkan.

3. Proaktif

Manusia sebagai khalifah yang menjadi rahmat bagi seluruh alam, membutuhkan sikap proaktif. Proaktif artinya melakukan sesuatu tanpa disuruh dan tanpa menunggu orang lain melakukan hal yang sama. Lakukan dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan lakukan sekarang juga. 

4. Bijaksana

Bagaimana sikap kita selaku muslim, jika dipilih sebagai pemimpin? Menjadi pemimpin berarti melibatkan kepercayaan dan kerelaan hati orang yang memilihnya. Jangan pernah menciderai amanah dengan mementingkan kebutuhan pribadi, lebih-lebih dengan mengatasnamakan kepentingan kelompok.

5. Peduli

Sikap peduli berarti mempunyai perhatian dan rela melibatkan diri untuk menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bersama. Kepedulian tidak selalu melibatkan hal yang besar, namun bisa pula dengan melakukan hal-hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan, menyingkirkan duri di jalanan dan lain-lain.

6. Empati

Empati berarti ikut merasakan penderitaan orang lain, seakan-akan ia juga merasakan hal yang sama. Mengasah empati akan melembutkan hati. Mengasah empati bisa dilakukan dengan cara membantu meringankan beban orang miskin, peka terhadap korban bencana alam, dan lain sebagainya.

7. Jujur

Sikap jujur akan membawa kepada kemujuran. Apapun yang dilakukan dengan jujur, akan membawa berkah bagi dirinya sendiri dan orang lain. Sebab, orang yang jujur selalu menampakkan sikap yang sebenarnya, apa adanya, dan sesuai dengan isi hati. Apa yang diucapkan, itu yang dilakukan.

Inilah tujuh sikap yang seharusnya dimiliki oleh setiap muslim sebagaimana ajaran Rasulullah Saw. Semoga kita bisa mengamalkannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak