facebook

6 Langkah Mudah Memulai Menulis Buku Nonfiksi Ala Tika Widya, Simak Ya!

Nanik Srisunarni
6 Langkah Mudah Memulai Menulis Buku Nonfiksi Ala Tika Widya, Simak Ya!
Ilustrasi Menulis. (Pixabay.com)

Kamu ingin mencoba menulis buku nonfiksi tapi bingung mau mulai dari mana? Ini dia tips menulis buku nonfiksi ala penulis Tika Widya.

Simak 5 tips berikut ini dan segera praktekkan ilmunya agar buku nonfiksimu terwujud untuk diterbitkan!

1. Memahami ide buku

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menulis buku nonfiksi menurut Tika widya adalah dengan menentukan tujuan buku yang ingin di tulis. Caranya kamu bisa menentukan terlebih dahulu tentang topik ayang akna kamu tulis, lalu kenapa buku tersebut perlu untuk ditulis dan tentukan siapa target pembaca yang ingin kamu sasar.

2. Lakukan riset terkait dengan topik yang kamu angkat

Menurut Tika Widya, kamu harus paham terlebih dulu terkait dengan jenis buku nonfiksi yang akan kamu tulis. Untuk mengetahui jenis buku nonfiksi kamu perlu untuk melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu.

3. Membuat outline 

Setelah melakukan riset, menurut Tika Widya langkah selanjutnya adalah membuat outline. Kamu harus bisa membuat struktur yang bagus dan koheren dan membuat orang penasaran untuk membaca buku yang kamu tulis nantinya.  Hal ini penting agar pembaca tidak hanya ingin terus membaca bukumu tapi juga membuat pembaca mengingat apa yang mereka baca dari buku nonfiksimu.

4. Menggunakan storytelling

Menurut Tika Widya, dengan mengaplikasikan cerita maka buku nonfiksi yang kamu tulis mampu menarik banyak pembaca dan tentunya akan membuat mereka penasaran dengan tulisanmu selanjutnya.

5. Lakukan revisi

Setelah kamu menulis manuskrip awal, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan revisi. Caranya adalah dengan mengecek ulang fakta yang ttertulis dalam bukumu, kurangi informasi yang terlalu banyak atau berlebihan dan pastikan semua kalimat singkat, padat, dan jelas.

Itu dia lima tips menulis buku nonfiksi ala Tika Widya yang patut kamu jadikan panutan untuk mulai menulis. Setelah melakukan lima hal di atas, Tika Widya juga memaparkan bahwa langkah terakhir adalah menerbitkan buku. Kamu bisa menentukan opsi antara menerbitan karyamu secara mandiri atau menerbitkan karya lewat penerbit.

Semoga tips dari Tika Widya di atas dapat membantu kamu untuk menulis buku nonfiksi kamu ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak