facebook

3 Tips agar Kamu Tidak Mudah Tersinggung, Coba dari Sekarang!

Keza Felice
3 Tips agar Kamu Tidak Mudah Tersinggung, Coba dari Sekarang!
Ilustrasi Wanita (Unsplash)

Apakah kamu sering kali tersinggung oleh perkataan maupun perilaku orang lain? Beberapa orang memang mudah tersinggung, sementara yang lain bersikap cuek terhadap apa yang menyakitkan bagi mereka seakan-akan tidak ada apa pun yang terjadi.

Apabila kamu termasuk salah satu orang yang mudah tersinggung, maka kamu perlu mengatasinya dengan segera agar hari-harimu tidak terbebani. Merasa tersinggung jelas mengganggu perasaan, bukan? Oleh karenanya cobalah beberapa tips ini agar kamu tidak mudah tersinggung.

1. Berpikir Sebelum Bereaksi

Ketika kamu mengalami situasi yang membangunkan emosimu, umumnya tubuh akan bereaksi yang berbeda daripada perilaku biasanya. Otak akan memproses informasi yang diterima sebelum memutuskan respons seperti yang kamu inginkan. Akan tetapi ada kalanya otak justru mengambil jalan pintas untuk mempercepat proses pemilihan keputusan ketika menghadapi bahaya.

Karenanya saat kamu sedang emosi, ambillah waktu untuk dam terlebih dahulu sebelum melakukan ataupun mengatakan sesuatu. Tenanglah sebentar agar kamu dapat berpikir bahwa yang mereka lakukan ataupun katakan mungkin tak bermaksud melukaimu. Meskipun sulit tetapi kamu harus membiasakannya.

2. Mungkin Dia Sedang dalam Kondisi yang Tidak Baik

Setiap orang pasti pernah mengalami hal yang buruk dalam hidupnya. Tak jarang orang yang sedang dalam kondisi yang tidak baik justru bersikap sembrono, seperti membentak orang lain, melakukan hal yang tak semestinya dilakukan, ataupun berdebat. Namun, sayangnya saat ini kamu menjadi pihak yang menerima.

Apabila kamu diperlakukan tak adil ataupun mendengat kata-kata buruk dari orang lain, anggaplah mereka hanya sedang kebingungan untuk mengekspresikan diri, sebab sekarang kondisinya sedang tidak baik. Dengan berpikir seperti ini, kamu akan lebih mudah menerima setiap hal yang terjadi.

3. Kembangkan Perilaku yang Baik

Pada umumnya orang-orag akan membalas caramu dalam berperilaku kepada mereka. Kamu harus membuat orang lain merasa dihargai. Dengan begitu suatu hari orang lain akan melakukan hal yang  baik dengan kamu.

Apabila kamu sering mengkritik, maka besar kemunginan orang lain akan menantikan kesempatan untuk balas  mengkritikmu. Karenanya kamu harus melakukan perilaku yang baik kepada siapa pun. Dengan begitu kamu akan terjaga dari berbagai hal yang dapat menimbulkan perasaanmu menjadi kacau dan tersinggung.

Meskipun sulit, tetapi kamu harus bisa melakukan beberapa tips ini sehingga secara perlahan kamu tidak akan mudah tersinggung lagi.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak