facebook

3 Mindset Negatif yang Bisa Menghambat Kesuksesanmu

Tia Antonia
3 Mindset Negatif yang Bisa Menghambat Kesuksesanmu
Ilustrasi menyalahkan orang lain (Pexels.com/Yan Krukov)

Sukses adalah impian semua orang. Namun, tidak semua orang bisa meraihnya meski sudah memiliki durasi yang cukup lama sehingga membuat diri sendiri merasa bahwa tidak ada perkembangan sama sekali atau bahkan kemajuan menuju kesuksesan.

Ada baiknya jika kamu mulai mengoreksi apa hal yang bisa membuat kamu berada di posisi itu. Salah satu penyebabnya mungkin berasal dari mindset kamu sendiri yang jarang kamu ketahui.

Berikut ini adalah beberapa hal yang merupakan mindset negatif yang bisa menghambat kesuksesanmu.

1. Masih Sering Menyalahkan Orang Lain

Coba kamu telaah lagi isi pikiranmu. Apakah kamu sering melakukan hal ini? Bahkan mungkin hal ini tanpa sadar telah kamu lakukan. Setiap kali ada hal yang terjadi, kamu malah membawa-bawa nama orang lain padahal hal itu disebabkan oleh kamu sendiri.

Hal utama yang harus kamu ketahui yaitu, hidupmu adalah tanggungjawabmu. Mendengarkan dan mengikuti saran dari orang lain memang penting, tapi kamu tidak bisa menyalahkan siapapun jika yang terjadi tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Suka Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Hal ini paling sering terjadi bahkan sulit sekali dikontrol. Mulailah berpikir bahwa hal ini merupakan sesuatu yang sia-sia dan percayalah bahwa setiap manusia mempunyai waktunya masing-masing untuk menggapai sesuatu.

Dengan membanding-bandingkan diri seperti ini, fokus kamu bisa terganggu dan malah membuat kamu semakin tidak bersemangat untuk mengerjakan apa yang seharusnya kamu lakukan untuk menggapai kesuksesanmu.

Jadi, berhentilah membandingkan diri. Orang lain mungkin saja sudah terlihat sukses, tapi jangan iri karena kamu tidak tahu perjuangan atau pengorbanan apa yang sudah orang itu lakukan untuk berada di titik itu.

3. Khawatir dengan Apa yang Orang Lain Pikirkan

Terlalu banyak khawatir akan pikiran orang lain mengenai dirimu hanya akan membuatmu malas untuk melangkah. Cobalah untuk memahami bahwa kamu tidak bisa membuat semua orang menyenangimu dan itu bukan urusanmu, malah akan membuat energimu terbuang sia-sia.

Jika kamu ingin sukses, kamu harus berani mengambil risiko meski banyak yang tidak setuju, tapi kamu yakin bahwa jalan yang kamu pilih sudah benar sesuai dengan hati nuranimu.

Demikianlah tiga mindset negatif yang harus kamu singkirkan jika kamu ingin meraih kesuksesanmu. Apakah kamu masih memilikinya? Jika iya, mulailah untuk memperbaiki mindset-mu ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak