facebook

5 Cara untuk Menghindari Sakit Hati, Salah Satunya Berpikiran Positif

Rania Erin Oktiara
5 Cara untuk Menghindari Sakit Hati, Salah Satunya Berpikiran Positif
Ilustrasi orang sedih (Pixabay.com/1388843)

Sakit hati lumrah dirasakan oleh setiap manusia. Tidak ada pula yang menginginkan sakit hati secara terus menerus hingga melupakan kebahagiaan yang juga turut menjadi hak manusia.

Sebagai manusia, kita hanya bisa mengingatkan atau menegur orang lain apabila perkataannya menyakitkan. Namun, kita tidak bisa untuk mengubah sifat dan sikapnya.

Oleh karena itu, berikut 5 cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari sakit hati.

1. Ambil sisi positifnya

Terkadang perkataan orang bisa menyakiti hati kita, terutama apa yang dia ucapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang kita lakukan. Oleh karena itu, cukup ambil sisi positifnya dengan berpikir bahwa ia melakukan hal itu demi kebaikan kita.

Selain itu, kita juga bisa menjadikan perkataan buruk seseorang menjadi motivasi untuk membuktikan kepadanya bahwa apa yang diucapkannya itu salah.

2. Tidak ambil pusing

Segalanya yang terjadi pasti ada penyebabnya. Selagi kita benar, satu cara yang bisa dilakukan yaitu tidak ambil pusing atau kalau kata orang "masuk kuping kanan, keluar kuping kiri". Namun, apabila telah melakukan kesalahan, maka cukup dengan minta maaf dan berusaha untuk memperbaikinya.

3. Berpikiran positif dan percaya ada hikmah setelahnya

Supaya tidak terlalu larut dalam kesedihan, salah satunya yaitu dengan cara berpikir positif. Percaya bahwa apa yang terjadi akan ada hikmah setelahnya dan percaya bahwa rasa sakit hati itu akan menghilang meskipun secara perlahan.

4. Berdoa kepada Tuhan

Perlu melibatkan Tuhan supaya hati menjadi lebih tenang. Dengan berdoa, kita bisa mencurahkan segala keluh kesah yang membuat sakit hati hingga larut dalam tangis dan memohon kebaikan Tuhan supaya bisa menjalani hari dengan tenang dan bahagia.

5. Mencari kesibukan atau melakukan hobi yang menyenangkan

Ternyata dengan kesibukan bisa melupakan sakit hati, lho! Terlebih melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti hobi. Pikiran kita akan beralih fokus ke hal lain yang menyenangkan.

Cara di atas akan terasa mustahil dan sulit dilakukan apabila tanpa adanya kesadaran dan kemauan dari diri untuk menghindari sakit hati itu. Perlu adanya kontrol emosi dan selalu mengambil sisi positif setiap kejadian supaya terhindar dari sakit hati.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak