facebook

Ingin Kembali pada Mantan Kekasih? Perhatikan 4 Hal Penting Ini Dulu

Riva Khodijah
Ingin Kembali pada Mantan Kekasih? Perhatikan 4 Hal Penting Ini Dulu
Ilustrasi wanita merenung (Pexels.com/José Luis Photographer)

Gak semua perpisahan itu permanen. Ada kalanya kamu baru menyadari betapa masih cintanya kamu ke mantan setelah berpisah. Itu sebabnya kamu pun berpikir untuk kembali menjalin cinta dengan mantan kekasih.

Agar keputusan tersebut gak berujung pada penyesalan, ada baiknya perhatikan beberapa hal penting ini dulu sebelum memutuskan untuk balikan pada mantan. Mari simak pembahasannya berikut ini!

1. Apa yang menjadi alasan kalian berpisah

Sebelum memutuskan untuk balikan, pastikan dulu kamu sudah mengetahui apa alasan kenapa kalian kemarin berpisah. Kalau memang alasan tersebut masih bisa diatasi, maka hubungan kalian nantinya kemungkinan bisa berhasil.

Sebaliknya, kalau alasan berpisah disebabkan penyebab yang fatal. Misalnya, dia sering kali berbohong dan berselingkuh, maka gak ada gunanya untuk balikan. Bisa-bisa kamu bakal sakit hati kembali karena perilakunya tersebut.

2. Kemampuan untuk memaafkan

Kalau sekiranya penyebab kalian pisah karena dia sudah melakukan kesalahan, maka kamu mesti jujur ke diri sendiri apakah bisa memaafkan dan melupakannya. Kalau memang sudah tak ada lagi perasaan marah atau dendam, maka sah-sah saja untuk mengulang kembali hubungan cinta antara kalian berdua.

Akan tetapi, bila ternyata kamu masih sulit memaafkan, maka sebaiknya gak perlu balikan. Kalau dipaksakan untuk terus bersama, nantinya hubungan gak akan berjalan baik karena sebenarnya dalam hatimu belum ikhlas.

3. Komitmen untuk berubah

Tentu ada alasan kenapa hubungan sebelumnya bisa gagal. Bila ingin merajut kasih kembali, pastikan kalau kalian memiliki komitmen yang sama membuat jalinan cinta kalian berjalan dengan baik.

Tanpa ada kerja sama kedua belah pihak, hubungan akan jomplang. Akibatnya, nanti salah satunya akan merasa terbebani karena lebih banyak berusaha di banding pihak lain.

4. Setelah berpisah apakah kalian bertumbuh jadi pribadi lebih baik

Poin juga penting untuk dipertimbangkan sebelum balikan. Kalau ternyata mantanmu masih sama seperti dulu, dan sikap buruknya belum juga diperbaiki, buat apa nekat menjalin cinta kembali dengannya. Berpeluang besar kesalahan yang sama akan terulang kembali.

Coba pastikan hal-hal tadi telah dipertimbangkan dengan masak sebelum memutuskan kembali dengan mantan, ya. Supaya hubungan kalian nantinya jauh lebih sukses dibanding hubungan sebelumnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak