facebook

3 Cara untuk Mengenal Diri Sendiri, Salah Satunya dengan Merenungi Diri

Rozi Rista Aga Zidna
3 Cara untuk Mengenal Diri Sendiri, Salah Satunya dengan Merenungi Diri
Ilustrasi merenung untuk mengenal diri sendiri (Pixabay.com/danymena88)

Tidak jarang, kita mampu mengenali seseorang dengan cukup dalam, sementara kita sendiri tidak cukup mengenali diri kita sendiri. Mengenali diri sendiri artinya menerima keadaan apa pun yang kita alami dan ikhlas menjalani kehidupan.

Kita sering dihadapkan pada pilihan yang sulit dan keadaan yang rumit. Dengan kita mengenali diri sendiri, maka pilihan atau permasalahan yang sedang dihadapi ini dapat diselesaikan dengan mudah.

Ada banyak cara untuk mengenali diri sendiri. Masing-masing individu memiliki cara yang berbeda. Namun, pada intinya, mengenali diri sendiri artinya mengenali kekurangan dan kelebihan diri.

Berikut tiga cara agar kita bisa mengenal diri sendiri dengan lebih dalam.

1. Merenungi tujuan hidup

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki tujuan hidup. Hal ini mendorong kita untuk mengikuti keinginan diri. Tetapi, tidak sedikit pula orang yang belum mengerti arti dan tujuan hidupnya, sehingga mereka terombang-ambing dan hanya menjadi budak kekejaman zaman. 

Jika manusia menyadari makna kehidupan dan mengetahui tujuan dari kehidupannya, maka dia akan menjadi manusia sejati. Artinya, manusia yang mengenal dirinya sendiri tanpa mengikuti arus orang lain.

2. Menghitung kelakuan kita

Tanpa disadari, kita telah memberi banyak kepada orang lain dan lingkungan sekitar. Entah itu kebaikan atau keburukan yang dilakukannya dengan sadar atau tanpa sadar. Akibatnya, kita menerima apa yang telah kita perbuat.

Jika kita menanam kebaikan, maka yang tumbuh adalah kebaikan, dan jika kita menanam keburukan, maka keburukan pula yang akan tumbuh. Pada dasarnya, prinsip kehidupan adalah hukum sebab akibat.

3. Bersikap jujur kepada diri sendiri

Mengenal diri sendiri artinya menerima berbagai aspek yang membentuk identitas, sikap, dan kepribadian, serta keberadaan kita. Bersikap jujur kepada diri sendiri mampu membantu kita untuk menerima keadaan saat ini. Langkah ini dapat membantu kita mengetahui semua aspek kepribadian yang dimiliki.

Itulah tiga cara mengenal diri sendiri dengan lebih dalam. Sering kali kita kesulitan mengenali diri sendiri dan tujuan hidup. Terkadang, apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Namun, seiring berjalannya waktu, kita dapat mengenali siapa diri kita sebenarnya dan apa tujuan dari kehidupan kita.

Memang, kadang kehidupan tidak sesuai dengan keinginan dan harapan, namun kita mampu mengambil hikmah dari apa yang kita kerjakan. Jadi, kenalilah diri kita sendiri dan kenali juga tujuan hidup kita. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak