facebook

6 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Harus Cerdas dan Berani!

Rozi Rista Aga Zidna
6 Cara Menjadi Pribadi yang Lebih Baik, Harus Cerdas dan Berani!
Ilustrasi orang berkepribadian baik (Pixabay.com/ernestoeslava)

Orang yang berkembang adalah orang yang senantiasa mengubah dirinya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Orang yang ingin memperbaiki diri tentu harus mengenali dirinya sendiri terlebih dahulu. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki harus dipahami, sebab kelebihan dan kekurangan dapat membantu untuk memperbaiki diri. 

Menjadi pribadi yang baik adalah pilihan semua orang. Ada berbagai cara untuk mewujudkan kepribadian yang baik, yaitu dengan memunculkan nilai-nilai pribadi baik yang ada di dalam diri sendiri.

Berikut enam cara menjadi pribadi yang lebih baik.

1. Kebijaksanaan

Kebijaksanaan akan membawa kita kepada arah yang baik dan terhindar dari permasalahan yang pelik. Kewibawaan dapat timbul akibat kebijaksanaan, dan orang yang berwibawa cenderung dihormati orang lain. Kebijaksanaan menuntun kita kepada keadilan, dan membuka pikiran bahwa segala sesuatu harus dilakukan dengan tenang tanpa tergesa-gesa.

2. Daya tarik

Daya tarik memunculkan identitas atau ciri khas individu. Ada yang menarik perhatian khalayak dengan kecerdasannya, kepercayaan dirinya, paras dan bentuk tubuhnya, kepandaiannya, atau segala hal yang melekat pada individu tersebut. 

3. Kecerdasan

Kecerdasan sangat dibutuhkan semua orang dalam menjalani kehidupan. Dengan kecerdasan, orang akan menemukan solusi untuk permasalahan hidupnya. Melatih kecerdasan dapat dilakukan dengan memperbanyak pergaulan, wawasan, dan pengalaman. 

4. Keberanian

Berani bukan berarti sengaja menantang orang lain dan berkelahi supaya menjadi pemenang. Manusia harus memiliki keberanian untuk menjalani hidupnya. Jika manusia tidak memiliki keberanian, maka selamanya ia akan hidup dalam ketakutan yang membuat dirinya tidak berkembang.

5. Tahu diri

Tahu diri artinya mengenali diri sendiri. Ketika kita dalam keberhasilan dan ingin menyombongkannya, maka ingatlah bahwa orang yang tahu diri tentu mengerti dirinya sebelum keberhasilan didapatkan.

Ketika terpuruk dalam permasalahan, orang yang tahu diri tidak akan terpuruk berlama-lama, karena ia mengerti bahwa dirinya masih memiliki kelebihan, dan kelebihan itu akan membawanya kepada kabangkitan.

6. Percaya diri

Percaya diri adalah meyakini kemampuan yang dimiliki. Jika seseorang merasa pesimistis terhadap dirinya, maka kesuksesan dan keberhasilan tidak akan dapat diraih. Sebaliknya, orang yang percaya diri akan berusaha menyelesaikan permasalahan, agar dirinya dapat mencapai keberhasilan dan kesuksesan.

Inilah enam cara agar menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga kita bisa mempraktikkan sehingga kita benar-benar menjadi pribadi yang dari waktu ke waktu semakin bertambah baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak