facebook

5 Kebiasaan Makan yang Baik untuk Menurunkan Lemak dan Memperlambat Penuaan Dini

Nanda Putri
5 Kebiasaan Makan yang Baik untuk Menurunkan Lemak dan Memperlambat Penuaan Dini
Ilustrasi makanan sehat (Unsplash.com/Dan Gold)

Memiliki tubuh dan berat badan ideal adalah impian bagi semua orang. Banyak cara yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut, salah satunya adalah diet.

Beberapa orang mengeluh, bahwa diet seringkali sulit untuk dilakukan dan ada juga yang sudah menjalani diet namun masih belum membuahkan hasil juga. Bagi kamu yang sudah berusaha namun belum mendapatkan hasil, kamu perlu mengevaluasi pola diet yang kamu jalani.

Karena diet yang dilakukan hanya dengan mengurangi porsi makan saja tidak cukup, dan perlu diimbangi dengan hal lainnya. Dilansir dari Eat This Not That, berikut 5 kebiasaan yang bisa kamu coba terapkan untuk memulai diet kembali dengan benar!

1. Minum banyak air putih

Kebutuhan utama dalam tubuh adalah cairan, oleh karena itu kamu perlu mencukupi kebutuhan itu. Mencukupi kebutuhan cairan juga sangat penting dalam menjaga kesehatan, karena jika kekurangan hal tersebut kamu dapat mengalami masalah kesehatan seperti jantung, ginjal, kandung kemih, dan lainnya.

Kekurangan air putih dapat membuatmu menjadi mudah lapar, hal ini karena minum air putih dapat membantu mengisi tubuh dan membuat perut terasa kenyang. Dengan begitu kamu akan memiliki keinginan untuk makan lebih sedikit. Selain itu, air putih juga dapat membantu kulit untuk terlihat lebih muda dan sehat.

2. Konsumsi banyak sayur-sayuran

Sayuran kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan serat. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, sayuran juga dapat menjaga kulit dari penuaan dini. Untuk mengimbangi diet yang dilakukan, konsumsilah sayuran rendah kalori tapi tinggi nutrisi seperti brokoli, kangkung, bayam, wortel, tomat, dan masih banyak lagi.

3. Jangan lewatkan untuk sarapan sehat setiap paginya

Sarapan adalah hal penting yang harus dilakukan untuk memulai hari, karena sarapan dapat mengisi bahan bakar tubuh untuk melakukan aktivitas seharian. Hal ini dilakukan untuk menghindari kamu dari makan junk food di waktu makan berikutnya. Usahakanlah untuk sarapan satu jam setelah bangun tidur, sehingga dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum melakukan aktivitas selanjutnya.

4. Kurangi konsumsi daging merah

Konsumsi daging merah terlalu sering dapat mempercepat proses penuaan secara signifikan. Daging merah mengandung lemak jenuh yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker, jika dikonsumsi secara sering. Cobalah untuk mengganti daging merah dengan ayam atau ikan yang juga merupakan sumber protein.

5. Makan dengan porsi kecil, tapi sering

Daripada makan tiga kali sehari dengan porsi besar, lebih baik makan enam kali sehari dalam porsi kecil selama satu hari. Hal ini dapat menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi, sehingga tubuh dapat membakar kalori lebih banyak.

Itulah tadi 5 kebiasaan makan baik, yang dapat menurunkan lemak serta menjaga diri untuk tetap awet muda! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak