facebook

5 Bahaya Sifat Over Posesif ke Pasangan, Bisa Bikin Hubungan Asmara Kandas!

Rania Erin Oktiara
5 Bahaya Sifat Over Posesif ke Pasangan, Bisa Bikin Hubungan Asmara Kandas!
Ilustrasi pasangan posesif (Pixabay.com/panajiotis)

Setiap orang yang dilanda asmara lumrah apabila memiliki sifat posesif. Posesif terjadi apabila seseorang punya rasa memiliki yang tinggi terhadap pasangannya, sehingga timbul rasa takut apabila pasangannya dekat dengan lawan jenis. Sikap posesif yang berlebihan juga tidak baik. Hal ini justru membahayakan status hubunganmu hingga berujung kandas. Berikut lima bahaya over posesif ke pasangan yang harus dihindari.

1. Runtuhnya kepercayaan dan keharmonisan hubungan

Salah satu kunci suatu hubungan asmara yaitu kepercayaan. Sikap over posesif ini bisa meruntuhkan kepercayaan yang sudah kalian bangun. Tidak hanya itu, keharmonisan hubungan yang mulanya manis akan terasa pahit.

2. Pasangan akan tertekan

Sebelum over posesif ke pasangan, ada baiknya bila dipertimbangkan dulu ucapan kita sebelum menyesal. Sikap over posesif juga mengakibatkan pasangan jadi risih dan tertekan dengan hubungan kalian, loh! Jangan sampai hal ini merugikanmu.

3. Berujung putus

Pasanganmu juga memiliki rasa lelah batin apabila kamu secara terus menerus over posesif kepadanya. Tidak ada orang yang ingin terikat dengan hubungan seperti ini. Salah satu jalan terbaik apabila kamu sudah tidak percaya dengan pasanganmu yaitu putus.

Mungkin ini terasa menyakitkan untukmu, tapi putus adalah jalan terbaik dari pada kamu terus menerus posesif dan saling menyakiti batin orang lain.

4. Bertahan karena terpaksa

Tidak ada yang menginginkan menjalin hubungan asmara karena terpaksa. Begitu juga dengan pasanganmu. Hubungan yang awalnya dilalui dengan indah berujung terpaksa karena kamu terlalu over posesif dan tidak ingin berpisah dengannya.

Namun perlu disadari, bahwa orang bukanlah robot yang bisa kita atur semau hati kita. Ia juga punya rasa bosan dan jenuh pada hubungan apabila terus dikekang dan merasa disalahkan.

5. Berujung mencari pelarian ke orang lain

Tak jarang pula orang yang memiliki pasangan over posesif malah mencari pelarian ke orang lain, atau bisa disebut dengan selingkuh. Yang mulanya mengira pasangan selingkuh, eh ternyata malah selingkuh beneran karena kita over posesif. Waduh, jangan sampai ya!

Itulah lima bahaya over posesif ke pasangan yang harus dihindari. Ada baiknya masalah dalam suatu hubungan itu dibicarakan dengan baik dan terbuka. Tidak perlu over posesif yang merugikanmu dan pasangan. Percayalah, bahwa ia sudah ditakdirkan bersamamu, maka tidak ada orang lain yang bisa merebutnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak