facebook

Inilah 5 Manfaat dari Percaya Diri, Banyak Teman dan Relasi

Rozi Rista Aga Zidna
Inilah 5 Manfaat dari Percaya Diri, Banyak Teman dan Relasi
Ilustrasi banyak teman dan relasi sebagai manfaat dari percaya diri (Pixabay.com/geralt)

Percaya pada kemampuan diri sendiri akan mengantarkan seseorang kepada kesuksesan dan keberhasilan. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi tidak akan tumbang saat mendapat penilaian buruk dari orang lain, sebab ia lebih memercayai dirinya dari pada penilaian orang lain.

Hal ini disebabkan oleh intuisi atau bisikan positif dari hatinya yang selalu memotivasi dirinya untuk terus bangkit dan bergerak. Sebagai individu yang baik, tentu sangat dibutuhkan kepercayaan diri yang tinggi.

Berikut lima manfaat bagi seseorang yang memiliki rasa percaya diri:

1. Memiliki banyak teman dan relasi

Orang minder cenderung menutup diri dari pergaulan atau diskusi, sedangkan orang yang percaya diri akan terbuka terhadap pergaulan dan diskusi.

Orang minder atau tidak percaya diri penuh dengan ketakutan dan rasa malu, merasa malu untuk membuka percakapan atau bertukar pikiran dengan orang sekitar.

Sementara itu, orang percaya diri dapat dengan mudah memulai percakapan untuk mengenal orang asing dan mudah bertukar pikiran dengan siapa pun di sekitarnya.

Hal ini dapat mengantarkan orang yang memiliki rasa percaya diri akan mudah mendapatkan banyak teman dan relasi. Dari teman dan relasi itu, segala informasi dan pekerjaan dapat diakses dengan mudah.

2. Mampu mengubah hal sulit menjadi mudah

Tidak ada kata "sulit" bagi orang yang percaya diri. Setiap situasi sulit dapat ditangani dengan mudah, dengan keyakinan bahwa diri sendiri dapat menyelesaikan setiap masalah, termasuk masalah terumit sekalipun. Kehidupan bergerak maju, maka izinkanlah kepercayaan diri menuntun kita menjalani kehidupan yang lebih baik.

3. Menjadi lebih produktif

Orang yang percaya diri akan mencari segala cara dan berusaha sekuat mungkin. Ia selalu berprinsip, "Jika orang lain bisa, mengapa saya tidak?"

Kepercayaan diri membuka pikiran seseorang bahwa keadaan buruk dapat diubah menjadi lebih baik. Begitu pula dengan ketidaktahuan dan kebodohan, dapat dihilangkan dengan cara belajar. Produktivitas menuntun seseorang untuk belajar dan berkembang dengan wawasan serta pengalaman baru.

4. Punya banyak kebiasaan baik

Percaya diri sangat berkaitan dengan tahu diri, sebab orang yang percaya diri adalah orang yang tahu diri. Orang yang tahu diri tentu akan terbiasa dengan hal-hal baik dalam kehidupannya. Jika hal ini ditambah dengan kepercayaan diri yang baik pula, maka kualitas dirinya pun akan lebih meningkat.

5. Dipercaya orang lain

Ketika kita percaya diri, orang lain juga akan percaya kepada kita, karena kita memiliki nilai optimistis saat diberi tanggung jawab apa pun. Sikap percaya diri juga membantu kita untuk meyakinkan orang lain. Jika kita mampu meyakini kemampuan diri kita, maka orang lain pun juga yakin terhadap kita.

Inilah lima manfaat yang akan diperoleh oleh seseorang yang memiliki sikap percaya diri. Dari sekarang tampillah dengan percaya diri! Buang jauh-jauh rasa minder!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak