facebook

5 Cara Detoks Diri untuk Mengatasi Luka dalam Hidup agar Lebih Bahagia

Nanik Srisunarni
5 Cara Detoks Diri untuk Mengatasi Luka dalam Hidup agar Lebih Bahagia
Ilustrasi detoks pikiran (Pixabay.com)

Bagi kamu yang saat ini tengah merasakan penatnya pikiran dan sesaknya harapan, tak apa, itu adalah hal yang wajar dan kamu boleh untuk marah ataupun menangis.

Tapi, kamu harus ingat, menangis dan marahlah secukupnya lalu setelahnya berjanjilah untuk segera mencari solusi atas emosi yang tengah kamu rasakan. Pelajari apa yang sebenarnya terjadi dan kamu rasakan, setelahnya segera bergerak unuk mengubah keadaan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika kamu merasakan emosi negatif atas perjalanan hidup yang kamu rasakan. Tapi, di sini aku akan mengajak kamu untuk melakukan satu metode penyembuhan mandiri, yakni detoks. Kamu bisa mencoba lakukan detoks atas sampah-sampah negatif yang ada dalam pikiranmu dan membuangnya sejauh mungkin. 

Ini dia 5 detoks yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa merasa lebih bahagia dan mampu menikmati hidup dengan lebih nyaman.

1. Detoks pikiran

Keluarkan semua pikiran-pikiran negatif yang bersarang di kepalamu. Pilah mana pikiran yang benar dan pikiran yang salah. Kamu bisa melakukannya dengan melakukan evaluasi dan refleksi atas apa yang sedang kamu alami. Pertimbangkan mana yang realistis dan tidak. Dengan begitu, kamu akan mampu merilekskan pikiranmu dan merasa jauh lebih baik.

2. Detok lingkungan sekitar

Bersihkan dan rapikan lingkungan tempat tinggalmu. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa memulainya dengan membersihkan kamar tempatmu tidur senyaman mungkin, kemudian lanjutkan dengan merapikan ruangan lain di rumahmu. Walaupun terdengar sepele, hal ini terbukti mampu membuat suasaa hatimu jauh lebih baik.

3. Detoks pertemanan

Kamu bisa mulai untuk menyortir mana orang yang patut kamu jadikan teman dan mana yang tidak patut untuk kamu jadikan teman. Pilihlah teman yang memiliki pengaruh positif dan selalu mendukung pertumbuhanmu, serta jauhilah teman yang hanya meracuni pikiranmu.

4. Detoks musik atau lagu

Dengarkan lagu atau musik yang menenangkan dan mampu membuatmu rileks. Jika kamu seorang muslim, kamu bisa mendengarkan salawat atau lantunan ayat suci Al, qur'an. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan suara instrumen alat musik yang menenangkan seperti piano atau kecapi.

5. Detoks media sosial

Jagalah jarak dengan media sosial agar kesehatan mentalmu perlahan menjadi lebih baik. Kamu juga bisa mengatur ulang pertemananmu di media sosial dan menggantinya dengan mengikuti media atau konten positif yang bisa menambah pertumbuhan pribadimu.

Itu dia lima detoks yang bisa kamu lakukan hidupmu jauh lebih bahagia dan memperoleh ketenangan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak