facebook

Kamu Orang yang Produktif atau Sekadar Sibuk? Kenali 4 Perbedaannya

Riva Khodijah
Kamu Orang yang Produktif atau Sekadar Sibuk? Kenali 4 Perbedaannya
Ilustrasi karyawan.[pexels.com/Andrea Piacquadio]

Selama ini orang mengasosiasikan sibuk dengan produktif. Padahal, kenyataannya belum tentu, lho. Enggak sedikit orang yang tampak sibuk tapi sebenarnya enggak produktif.

Lalu, gimana cara mengetahui apakah kamu termasuk produktif atau selama ini cuma sekadar sibuk? Untuk tahu lebih lanjut, simak terus pembahasan di bawah ini, yuk!

1. Prioritas

Orang yang produktif sadar benar bahwa ia enggak bisa menyelesaikan semua hal di waktu yang sama. Itu sebabnya, orang produktif akan menyusun skala prioritas supaya tugas yang harus dikerjakan bisa diselesaikan satu per satu.

Berbeda hal dengan orang sibuk. Orang yang sibuk umumnya bekerja tanpa arah. Semua hal ingin diselesaikan sekaligus. Akibatnya, terlihat sibuk tapi enggak ada satu pun yang selesai karena enggak membuat daftar mana yang harus diprioritaskan.

2. Menyikapi ajakan atau permintaan

Orang yang sibuk dan produktif juga dapat dibedakan dari bagaimana menyikapi ajakan atau permintaan. Orang yang produktif enggak segan untuk menolak hal-hal yang dapat menghambat tugasnya, atau tugas tambahan yang ia tahu enggak akan bisa diselesaikan tepat waktu.

Berbeda halnya dengan orang yang sibuk. Karena sering merasa enggak enak, akhirnya semua diiyakan. Yang repot jadinya diri sendiri karena kewalahan dan rasanya tugas-tugas enggak pernah ada akhirnya.

3. Cara mengeksekusi

Orang produktif biasanya membuat rencana dulu sebelum melakukan tindakan. Hal ini penting agar yang dikerjakannya terstruktur sehingga tujuannya bisa tercapai.

Berbeda hal dengan orang sekadar sibuk. Cara mengeksekusi tugas biasanya tanpa direncanakan terlebih dahulu. Itu sebabnya orang sibuk sering kali menyelesaikan hal yang tenggat waktunya masih lama duluan, dibanding tugas yang sudah mendesak.

4. Delegasi tugas

Orang produktif sadar diri mana yang bisa dikerjakan, dan mana yang mesti meminta bantuan orang lain. sementara orang sibuk ingin semuanya dikerjakan sendiri.

Akibatnya, banyak tugas yang berhasil diselesaikan oleh orang produktif. Sementara orang sibuk, sudah tugasnya belum selesai, kelelahan pula karena gengsi atau enggak percaya untuk mendelegasikan tugasnya ke orang lain.

Nah, dari uraian di atas, kamu termasuk produktif atau sekadar sibuk aja, nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak