facebook

4 Cara Menolak Tawaran Makanan dari Orang Lain agar Tidak Menyinggung

Rania Erin Oktiara
4 Cara Menolak Tawaran Makanan dari Orang Lain agar Tidak Menyinggung
Ilustrasi makanan (Pixabay.com/Life-Of-Pix)

Mendapatkan tawaran dari orang lain lumrah terjadi apabila sedang berkunjung ke rumah seseorang atau sedang mengobrol santai bersama. Namun, pada situasi seperti itu, tentu merasa sungkan atau tidak enak hati apabila langsung menolak tawaran makanannya.

Perlu dipahami bahwa menerima makanan dari tuan rumah adalah bentuk rasa menghargai pemberian orang yang telah menyambut kita. Berbeda seperti saat kita berkumpul dengan teman, lalu mereka menawarkan makanan.

Namun, yang namanya makanan pasti ada saja yang tidak cocok di lidah kita. Berikut 4 cara menolak tawaran makanan yang sopan dan tidak menyinggung.

1. Tetap mencicipi makanan itu walaupun sedikit

Meskipun kita kurang menyukai makanan yang telah dihidangkan, alangkah baiknya tetap menghargai tuan rumah atau orang lain dengan sedikit suapan makanan ke mulut. Hal ini sebagai bentuk rasa menghargai tuan rumah yang telah berusaha memberikan hidangan terbaiknya, atau orang lain yang telah bersedia berbagi makanan ke kita.

2. Berkata jujur dan ucapkan "maaf"

Terkadang makanan yang dihidangkan atau diberikan ke kita tidak cocok dengan lidah atau selera. Seperti rasanya yang terlalu pedas, asam, manis, asin, pahit, atau sedang alergi dengan makanan tersebut. Tentu boleh saja menolak tawaran tersebut asalkan dengan perkataan yang baik.

Jujur dengan kondisimu saat itu dan jangan lupa meminta maaf karena tidak bisa memakannya. Bisa saja dengan menambahkan ucapkan untuk mencobanya di lain waktu karena kondisi tubuh sedang tidak cocok untuk mengonsumsi makanan tersebut.

3. Sudah kenyang atau baru saja makan

Menolak tawaran makanan dari orang lain bisa dengan alasan baru saja makan di rumah, sehingga perut terasa kenyang apabila harus makan lagi. Kita juga bisa mengucapkan untuk mencobanya di lain waktu apabila ada kesempatan untuk bertemu atau berkunjung.

4. Tetap memuji hidangan tuan rumah dan mengucapkan terima kasih

Meskipun rasa selera untuk mengonsumsi makanan itu tidak ada, alangkah baiknya tetap memberi respon positif untuk membuat senang perasaan tuan rumah atau teman yang membagikan makanannya.

Respon positif ini bisa seperti memuji masakannya yang terlihat enak, sedap, atau lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih telah memberikan hidangan atau makanan tersebut.

Nah, itulah sederet cara menolak tawaran makanan dari orang lain agar tidak menyinggung. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak