facebook

5 Cara Mengetahui Bakat Terpendam, Penting untuk Tingkatkan Potensi Diri

Rania Erin Oktiara
5 Cara Mengetahui Bakat Terpendam, Penting untuk Tingkatkan Potensi Diri
Ilustrasi orang yang memiliki bakat di bidang fotografi (Pixabay.com/pixel2013)

Bakat merupakan suatu keahlian yang dimiliki manusia dari lahir atau berasal dari keturunan. Tidak hanya itu, bakat juga terbentuk setelah orang dewasa karena kerap melakukan sesuatu hingga munculah bakat tersebut.

Bakat ada yang disadari secara langsung dan tidak sadari atau disebut dengan bakat terpendam. Umumnya setiap orang memiliki lebih dari satu bakat dalam dirinya, hanya saja mungkin cuma satu atau dua yang menonjol.

Lantas bagaimana cara mengetahui bakat terpendam itu? Berikut ada 5 cara untuk mengetahui bakat terpendam selain melakukan hobi.

1. Menyadari kemampuan diri

Seringkali orang mengabaikan kemampuan dirinya karena merasa tidak menyukai bidang tersebut. Padahal keahlian semacam itu juga bisa menjadi bakat yang dimiliki dan berpotensi mahir apabila sering diasah.

Misalnya kamu pandai memasak karena bisa memahami dengan baik bagaimana cara memasak yang benar, hanya saja pekerjaan itu sangat malas dilakukan. Contoh seperti ini yang membuat bakat menjadi terpendam karena diri sendiri tidak ingin menunjukkannya.

2. Bertanya pada orang lain

Orang lain seperti orang terdekat kita baik keluarga atau sahabat biasanya tau apa kemampuan kita dalam kehidupan sehari-hari. Orang lain akan menilai seberapa mahir kita melakukan pekerjaan tersebut dalam mengerjakan atau menghasilkan sesuatu.

3. Melakukan tes bakat dan konsultasi ke psikolog

Cara ini paling tepat karena dilakukan oleh para ahli di bidangnya, sehingga bisa mengetahui dengan baik bakat dan minat apa yang ada di dalam diri kita. Biasanya kita akan diberikan beberapa tes yang harus dikerjakan. Setelah hasilnya keluar, kita bisa mengonsultasikannya dengan psikolog.

4. Memahami kelebihan diri

Terkadang kita tidak menyadari memiliki suatu kemampuan meskipun bukan ahli di bidangnya. Hal ini diperlukan kepercayaan diri sehingga lebih mudah dalam menilai diri sendiri. Dengan begitu, kita akan mengetahui perbedaan ciri khas diri sendiri dengan orang lain meskipun memiliki bakat yang sama.

5. Melatih hal yang disukai

Bakat tidak akan berkembang apabila hanya dibiarkan tanpa diasah. Oleh karena itu, penting untuk mengasah hal-hal yang disukai agar semakin terlihat kemampuan dan bisa mengukur sejauh mana kemampuan tersebut berkembang.

Nah, itu dia 5 cara untuk mengetahui bakat terpendam yang kita miliki. Tetap percaya dengan kemampuan diri dan asah bakat tersebut agar potensi diri bisa meningkat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak