facebook

4 Hal yang Bisa Menyebabkan Seseorang Tak Bahagia di Tempat Kerja, Alami?

Riva Khodijah
4 Hal yang Bisa Menyebabkan Seseorang Tak Bahagia di Tempat Kerja, Alami?
Ilustrasi pekerja (Pexels.com/Ron Lach)

Salah satu hal yang memengaruhi betah tidaknya karyawan di tempat kerja adalah lingkungan kerjanya. Gak sedikit karyawan yang memilih keluar dari pekerjaan akibat pekerjaan saat ini tak membuatnya bahagia.

Lalu, hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan seseorang jadi tak bahagia di tempat kerja? Untuk tahu kelanjutannya, simak terus ulasan di bawah ini, ya!

1. Pekerjaan saat ini kurang menantang

Hal ini biasa dialami oleh karyawan yang bertalenta. Karyawan yang memiliki skill tinggi biasanya akan gampang bosan ketika pekerjaan yang mesti diselesaikan setiap harinya gak cukup memberi tantangan.

Kebosanan ini yang kerap jadi penyebab karyawan brilian jadi terlihat malas-malasan. Gak jarang akibat kebosanan, seseorang memilih untuk keluar dan mencari pekerjaan yang jauh lebih menantang.

2. Rekan kerja yang toksik

Hal selanjutnya yang menjadi sumber ketidakbahagiaan karyawan di tempat kerja, adalah rekan kerja toksik. Meski antara rekan kerja diikat oleh hubungan profesional, kenyataannya attitude yang ditunjukkan oleh rekan kerja bisa sangat berpengaruh terhadap kenyamanan selama bekerja.

Siapa yang tahan bila setiap hari, dari pagi sampai sore harus menghadapi rekan kerja yang menyebalkan. Apalagi jika sikap rekan kerja tersebut menyulitkan penyelesaian tugas yang kemudian membuat performa kamu jadi tampak jelek. Pasti makan hati, kan?

3. Atasan toksik

Harus diakui, gak ada perusahaan yang benar-benar sempurna. Salah satu kondisi yang kerap dialami karyawan dan bikin gak betah, adalah atasan yang toksik.

Contoh perilaku toksik atasan, yaitu gak bisa memimpin atau tak punya cukup keahlian. Perilaku lain dari atasan toksik, yaitu kalau memberi tugas gak manusiawi sampai mengharuskan kamu lembur berhari-hari. Begitu pula atasan galak yang kalau sudah marah gak lihat tempat. Dengan entengnya membentak di depan umum yang bikin harga diri jadi terinjak-injak.

4. Gaji terlalu kecil

Bagaimana bisa semangat kerja kalau gaji yang ada saking kecilnya, bahkan gak bisa mencukupi kebutuhan dasar. Maka gak heran hal ini kerap jadi alasan seseorang memutuskan keluar dari tempat pekerjaan.

Siapa yang gak muak bila setiap hari menyelesaikan pekerjaan yang berat, tapi gajinya jauh lebih rendah dari tempat lain dengan jenis pekerjaan yang lebih ringan.

Itu dia beberapa contoh hal yang bikin karyawan tak bahagia di tempat kerja. Ada tambahan lain?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak