facebook

5 Alasan Penting Harus Selektif Memilih Circle Pertemanan yang Baik

Rania Erin Oktiara
5 Alasan Penting Harus Selektif Memilih Circle Pertemanan yang Baik
Ilustrasi circle pertemanan yang baik (Pixabay.com/florentiabuckingham)

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain, salah satunya teman. Ternyata dalam bergaul juga perlu memilih teman yang baik.

Tanpa disadari rupanya lingkungan atau circle pertemanan juga memberikan dampak positif atau negatif bagi setiap orang. Orang yang awalnya baik bisa menjadi buruk karena salah pergaulan atau sebaliknya. Tidak hanya itu, meskipun orang tersebut tidak gampang terprovokasi, tapi tetap saja bisa jadi namanya ikut tercoreng karena salah masuk circle. Maka dari itu, penting untuk memilih circle pertemanan yang baik.

Simak 5 alasan pentingnya selektif dalam memilih circle pertemanan yang baik harus dilakukan!

1. Suportif dalam hal positif

Circle pertemanan yang baik akan saling mendukung untuk terus melakukan kebaikan seperti tolong menolong, saling mengingatkan ibadah, mengerjakan tugas bersama, menenangkanmu saat sedih, dan hal positif lainnya.

2. Agar terhindar dari salah pergaulan

Banyak anak yang terjebak dalam tindakan yang tidak wajar karena salah pergaulan. Hal ini sangat disayangkan khususnya di circle pertemanan mereka yang negatif. Itulah mengapa kita perlu selektif dalam memilih teman agar tidak salah langkah dan merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

3. Dapat menjadi motivasi dan merubah pola pikir yang positif

Teman yang baik akan selalu mendukung keputusanmu untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Tak jarang mereka akan memberikan motivasi, saran, atau kritik yang membangun dan memberikan gambaran ke depan supaya kamu semakin mantap dalam mengambil keputusan yang terbaik.

4. Menjadi terpacu untuk berkembang

Masuk ke dalam circle pertemanan yang baik itu banyak hal postifnya, loh! Salah satunya kamu akan terpacu dengan kebaikan, prestasi, dan perolehan mereka yang positif. Dengan begitu, kamu akan mencontoh sikap tersebut dan membuat dirimu terus mengeksplorasi hal baru.

5. Mempengaruhi penilaian orang lain terhadap dirimu

Ternyata circle juga bisa mengubah penilaian orang lain terhadap kita. Tapi jangan sampai memanfaatkan circlemu dan diam-diam menjatuhkan, ya! Orang lain akan berpikiran positif apabila kamu berada di circle pertemanan yang baik, begitu pula sebaliknya.

Itu dia 5 alasan mengapa kita perlu selektif dalam memilih circle pertemanan yang baik. Hal ini sangat penting supaya kita tetap menjadi pribadi yang baik dan tidak salah pergaulan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak