facebook

3 Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Hobi Saat Interview, Dijamin Lolos!

diemaya dewi
3 Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Hobi Saat Interview, Dijamin Lolos!
Potret Interview (Freepik/yanalya)

Menghadapi sesi wawancara dalam melamar pekerjaan tentu membuat pelamar terkadang merasa deg-degan dan kebingungan. Oleh karena itu, dalam melakukan interview perlu adanya latihan untuk menghadapi sesi tanya jawab yang dilontarkan oleh pihak perusahaan. Dalam menjawab pertanyaan, biasanya Anda akan ditanya seputar hobi yang anda gemari. Ini adalah salah satu cara agar pihak perusahaan mengenal lebih dekat kepada sang pelamar.

Mengutip dari perkataan Teddy Diego, salah satu career coach yang sering memberikan cara agar lolos kerja. Ia menuturkan bahwa ketika pewawancara menanyakan mengenai hobi, dia tidak hanya ingin tahu apa yang Anda lakukan secara pribadi, melainkan juga apakah hobi Anda dapat mendukung peran Anda dalam posisi yang dilamar. Berikut tiga tips dalam menjawab pertanyaan seputar hobi saat wawancara kerja.

1. Beri Tahu Hobi yang Sejalur dengan Posisi yang Anda lamar

Teddy Diego dalam kanal YouTube pribadinya, Teddy Diego, mengatakan bahwa jika Anda punya banyak minat dan hobi di luar pekerjaan, sebaiknya diskusikan hal-hal yang dapat Anda kaitkan dengan mudah dengan posisi baru Anda tersebut.

2. Kembangkan Keterampilan Anda dan Beri Tahu Pihak Perusahaan

Beri tahu semua kemampuan dan karakteristik yang Anda peroleh dari hobi Anda. Misalnya Anda suka menonton tayangan debat di suatu acara televisi, sehingga Anda terampil dalam mengemukakan pendapat dalam kerjasama tim. Ini akan menjadi poin penting untuk sang pewawancara melihat kepribadian Anda.

3. Beri Tahu Hasil Karya dari Hobi Anda

Menurut Teddy Diego, jika Anda memiliki hobi dan Anda telah berbuat suatu pencapaian dari hobi tersebut, sebaiknya hal ini diberitahu ke pihak perusahaan. Ini akan menambah poin dalam diri Anda bahwa Anda adalah orang yang kreatif dan selalu mau mencoba melakukan sesuatu yang positif. Sebutkan saja hal-hal yang telah Anda capai melalui hobi dan bakat yang telah Anda salurkan. Pihak perusahaan pasti akan terkesima dengan data diri Anda.

Itulah ketiga tips dalam menjawab pertanyaan seputar hobi dalam sesi interview kerja. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak