facebook

3 Alasan Mengapa Kakak dan Adik Harus Selalu Menyayangi

Rania Erin Oktiara
3 Alasan Mengapa Kakak dan Adik Harus Selalu Menyayangi
Ilustrasi kakak dan adik yang saling menyayangi (Pixabay.com/tobbo)

Ada alasan mengapa kakak dan adik harus selalu menyayangi dalam suatu keluarga agar terwujudnya keharmonisan, kekompakan, dan kerukunan tetap erat terjaga. Tidak jarang kakak dan adik suka bertengkar lantaran perbedaan pendapat atau hal lainnya.

Meskipun demikian, mereka tetaplah saudara kandung yang selalu bersama dan akan saling membutuhkan pada waktunya. Walaupun terkadang kakak atau adik yang mulai usil duluan, mereka tetap bisa saling memaafkan.

Kerukunan antara kakak beradik ini bisa membuat hati orang tua lega, loh! Orang tua akan tenang apabila melihat anak-anak mereka akur. Oleh karena itu, sebagai orang yang memiliki saudara kandung kakak beradik sangat penting untuk saling mengasihi.

Simak selengkapnya 3 alasan mengapa kakak dan adik harus saling menyayangi!

1. Agar rumah terasa damai

Terciptanya kedamaian rumah juga berasal dari kerukunan antara kakak beradik. Orang tua akan merasa tenang apabila anak-anak mereka bisa akur dan saling menjaga keharmonisan ikatan saudara dengan baik.

Tidak jarang rumah akan terasa gaduh karena ulah kakak maupun adik. Tapi sebagai kakak maupun adik juga harus bisa saling mengerti agar situasi di rumah kembali tenang.

2. Saling membutuhkan satu sama lain

Kakak beradik pasti ada masanya saling membutuhkan. Pihak pertama yang dituju selain orang tua yaitu pasti saudara kandung ketika kita membutuhkan sesuatu. 

Pada hakikatnya tidak ada kakak yang senang melihat adiknya kesusahan, begitu juga sebaliknya. Kakak akan siap membantu adiknya untuk meringankan pekerjaan orang tua, begitu pula dengan adik yang harus bisa membantu kakak apabila dibutuhkan.

3. Adanya ikatan keluarga

Memiliki keluarga harmonis merupakan dambaan bagi semua orang. Terciptanya keharmonisan itu juga berasal dari sikap anggota keluarga salah satunya kakak dan adik.

Adanya rasa memiliki sebagai ikatan keluarga ini harus dipertahankan supaya hubungan keluarga tidak terpecah belah. Sudah menjadi kewajiban kakak untuk menyayangi adiknya, dan sudah kewajiban adik pula untuk menghormati kakaknya.

Sikap saling menyayangi dan menghormati itulah yang membuat hubungan keluarga semakin erat. Ya meskipun hubungan kakak beradik tidak selamanya berjalan mulus, tapi di hati mereka yang paling dalam masih sangat menyayangi satu sama lain.

Itu dia 3 alasan mengapa kakak dan adik harus saling menyayangi. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak