facebook

4 Langkah untuk Menyelesaikan Masalah dengan Orang Lain

Dhelvin Agung
4 Langkah untuk Menyelesaikan Masalah dengan Orang Lain
Ilustrasi bertengkar. (pexels/ Keira Burton)

Memiliki masalah dengan orang lain memang hal yang tidak bisa dihindarkan dalam menjalani kehidupan. Walaupun, hal sepele terkadang juga bisa membuat orang lain salah paham. Memiliki masalah dengan orang lain juga akan membuat hidup kamu tidak tenang. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyelesaikan agar masalah tidak menjadi berkepanjangan. Berikut 4 langkah untuk menyelesaikan masalah dengan orang lain.

1. Cari Penyebabnya

Daripada kamu langsung menyalahkan orang lain, lebih baik kamu cari dulu penyebab. Dengan begitu, akan memudahkan kamu untuk menyelesaikan masalah dengan dia. Dengan cara, kalau dia yang salah kamu bisa bicara dengan dia secara baik-baik. Namun, kalau kamu yang salah kamu harus berbesar hati meminta maaf pada dia. Dengan begitu, kalian akan sama-sama terhindar dari kesalahpahaman.

2. Menjauhinya Sebentar

Dengan kamu menjauhinya sebentar, rasa emosi yang kamu rasakan akan hilang. Sebab, jika kamu merasa emosi saat berada di dekatnya akan membuat masalah menjadi runyam. Sebab, emosi yang besar juga akan memicu sebuah pertengkaran. Oleh karena itu, kamu harus bisa menenangkan dirimu dulu, kalau sudah tenang kamu akan sangat mudah untuk menyelesaikan masalah dengan dia.

3. Mengakui Kesalahan

Ketika kamu sadar kalau kamu yang menyebabkan masalah, maka kamu harus berani mengakui kesalahan. Dengan begitu, dia akan menyadari dan tidak akan marah padamu. Bukan hanya itu, dengan kamu berani mengakui kesalahan juga menandakan kalau kamu memiliki pribadi yang dewasa, sebab tidak bersikap egois yang tidak mau disalahkan.

4. Bertanggung Jawab

Kamu harus berani bertanggung jawab dengan cara meminta maaf pada dia. Dengan begitu, masalah kamu dengan dia akan cepat selesai. Sebab, jika kamu tidak meminta maaf, masalah yang kalian hadapi juga akan berlarut-larut tidak selesai. Bukan hanya itu, hal tersebut juga bisa memicu adanya balas dendam satu sama lain. Oleh karena itu, bertanggung jawab adalah sikap yang paling baik dalam menyelesaikan masalah dengan orang lain.

Itulah empat langkah untuk menyelesaikan masalah dengan orang lain. Memiliki masalah dengan orang lain memang akan membuat hidup kamu tidak tenang. Sebab, rasa tidak nyaman selalu kamu rasakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak