facebook

Ketahui! 4 Sumber Rasa Malas yang Tanpa Disadari Bisa Merugikan Diri Sendiri

Rania Erin Oktiara
Ketahui! 4 Sumber Rasa Malas yang Tanpa Disadari Bisa Merugikan Diri Sendiri
Ilustrasi orang malas yang bisa merugikan diri sendiri (Pixabay.com/Shlomaster)

Rasa malas kerap terjadi pada setiap manusia. Terlebih setelah seharian melakukan pekerjaan berat dan ingin sekali bermalas-malasan. Rasa malas wajar dilakukan asal porsinya hanya untuk beristirahat, menghilangkan penat, dan tidak menghambat aktivitas lainnya.

Sumber rasa malas juga beragam tergantung setiap orang yang merasakan. Terkadang diri sendiri pun tidak mengetahui bahwa terdapat sumber rasa malas pada dirinya sendiri, baik itu karena faktor eksternal atau faktor internal. Hal ini bisa merugikan diri sendiri apabila tidak segera diperbaiki atau diminimalisir.

Simak 4 sumber rasa malas yang tanpa disadari bisa merugikan diri sendiri!

1. Dijatuhkan oleh ekspektasi yang tinggi

Memiliki semangat yang tinggi untuk memperoleh sesuatu sangat baik dilakukan, terlebih segala usaha sudah dikerahkan untuk memperoleh hasil yang baik. 

Kita boleh saja berusaha, namun setiap usaha tidak semuanya akan berhasil atau bisa saja gagal. Kegagalan inilah yang tak jarang membuat diri menjadi malas karena merasa lelah semuanya sia-sia. Oleh karena itu, jangan terlalu memasang ekspektasi yang tinggi agar tidak terpuruk dalam kekecewaan. Introspeksi diri dan tetap berusaha agar tidak menyerah.

2. Kerap mendengar kritik dari orang lain

Kritik sangat diperlukan sebagai bahan pertimbangan agar apa yang kita lakukan bisa menjadi semakin baik. Tapi, terlalu mendengarkan kritik dari banyak orang juga akan berdampak buruk pada kesehatan mentalmu salah satunya menimbulkan rasa malas.

Kamu akan merasa semua yang kamu kerjakan selalu tidak sempurna dan berujung bingung harus melakukan apa lagi. Jadi, kamu harus memiliki prinsip atau pondasi dalam mengontrol apa yang kamu lakukan sehingga hal ini bisa dihindari.

3. Ragu-ragu atau tidak percaya diri

Tidak percaya diri juga menjadi salah satu sumber rasa malas. Kamu ragu akan kemampuan diri untuk terus berkembang. Kamu akan takut gagal dan akhirnya membuat banyak orang kecewa terutama diri sendiri.

Padahal dengan keragu-raguan kita tidak bisa membuktikan sejauh mana kita dapat melangkah untuk melakukan sesuatu yang baik dan tidak bisa mengetahui mana yang salah dan benar dalam bertindak.

4. Merasa waktu masih panjang dan tidak ada masalah di masa depan

Biasanya orang kerap malas dan akhirnya memilih menunda-nunda pekerjaan karena yakin masih memiliki waktu yang masih banyak. Padahal ia belum mengetahui kendala apa yang akan ditemui di masa depan apabila hal itu tidak segera diselesaikan. Oleh karena itu, lebih baik selesaikan pekerjaanmu sekrang daripada harus menundanya.

Itu dia 4 sumber rasa malas yang tanpa disadari bisa merugikan diri sendiri. Jadilah pribadi yang semangat dan tepat waktu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak