facebook

4 Cara Mengurangi Rasa Malas agar Tidak Merugikan Diri Sendiri, Bisa Bahaya!

Rania Erin Oktiara
4 Cara Mengurangi Rasa Malas agar Tidak Merugikan Diri Sendiri, Bisa Bahaya!
Ilustrasi orang malas (Pixabay.com/Shlomaster)

Setiap manusia tentu memiliki rasa malas ketika melakukan sesuatu. Hal ini wajar karena setiap orang pernah merasakan dengan berbagai alasan. Namun, rasa malas yang belerbih terutama untuk melakukan hal positif ini harus dihindari karena bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Rasa malas akan menjadi kebiasaan apabila dituruti dan tidak ada kemauan dari dalam diri sendiri untuk bangkit melawan rasa malas tersebut. Tapi tenang saja, ada beberapa cara mengurangi rasa malas yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Berikut 4 cara mengurangi rasa malas agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

1. Adanya kemauan diri sendiri

Tidak ada yang bisa menghentikan rasa malas itu kecuali diri sendiri. Motivasi dari orang lain juga tidak akan memiliki pengaruh yang besar apabila diri sendiri tidak mau bangkit untuk melawannya.

Hal ini sangat berpengaruh buruk terutama akan menghambat aktivitasmu yang seharusnya bisa diselesaikan saat itu juga. Tidak hanya itu, orang lain yang melihatmu juga akan merasa risih dengan sifat pemalasmu itu.

2. Melakukan hobi atau aktivitas ringan yang menyenangkan

Sulit rasanya melawan rasa malas apabila kita langsung melakukan aktivitas berat sekaligus. Oleh karena itu, mulai dengan melakukan hal yang menyenangkan seperti hobi atau aktivitas lainnya. 

Ketika sudah terbiasa melakukan hal tersebut, maka tubuh akan terbiasa bergerak dan akan terdorong untuk melakukan aktivitas lainnya.

3. Ketahui sumber rasa malas dan bersedia untuk memperbaikinya

Rasa malas timbul karena bersumber dari hal yang tidak kita sukai. Misalnya cuaca dingin, sehingga kita malas untuk beraktivitas. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan menggunakan jaket atau alas kaki.

Oleh karena itu, ketahuilah sumber rasa malasmu berasal. Jangan berusaha menghindari, namun pikirkan cara untuk mengatasinya agar semuanya berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu.

4. Atur waktu aktivitas

Ternyata rasa malas juga bisa terjadi karena waktu aktivitas kita dalam sehari yang berantakan. Mungkin semua hal ingin segera diselesaikan dan bisa beristirahat lebih lama, namun cara ini juga tidak baik. Lakukan aktivitas sesuai waktu yang telah dibuat dan sesuaikan dengan porsi istirahat juga pastinya.

Itu dia ada 4 cara mengurangi rasa malas yang bisa diterapkan agar tidak menghambat aktivitasmu yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak