facebook

5 Cara Mendapatkan Circle Pertemanan yang Positif agar Hidup Makin Bermakna

Rania Erin Oktiara
5 Cara Mendapatkan Circle Pertemanan yang Positif agar Hidup Makin Bermakna
Ilustrasi pertemanan (Pexels.com/Elina Fairytale)

Banyak manfaat yang didapatkan apabila mempunyai banyak teman yang positif, salah satunya bisa meningkatkan potensi diri yang mampu menunjang karir di masa depan.

Meskipun merasa mampu melakukan segala hal dengan kemandirian yang dimiliki, rupanya manusia tetap membutuhkan teman sebagai kodratnya menjadi makhluk sosial.

Dalam kehidupan manusia tidak boleh pandang bulu ketika berbuat kebaikan, namun sangat perlu untuk memilih teman yang baik agar tidak salah pergaulan dan menimbulkan dampak negatif ke diri sendiri ataupun orang lain. Selain baik, ia juga harus memiliki sifat positif lainnya.

Lantas bagaimana cara mendapatkan circle pertemanan yang positif? Simak selengkapnya ada 5  cara mendapatkan circle pertemanan yang positif!

1. Mengajak berdiskusi, bekerja, atau belajar bersama

Memilih teman tidak semena-mena hanya baik saja yang dibutuhkan, melainkan ia juga harus bisa diajak untuk diskusi, bekerja, atau belajar bersama. Hindari teman yang malas karena akan menghambat pola pikirmu dan bisa saja kamu terjerumus seperti sifatnya yang tidak baik.

Selain malas, hindari pula teman yang suka menunda-nunda pekerjaan. Secara tidak langsung kamu juga bisa terpengaruh karena merasa kamu tidak merasa sendiri ketika melakukan hal tersebut. Bisa jadi hal ini akan terbawa di kehidupanmu dan menjadi kebiasaan buruk, lho!

2. Selalu mengingat Tuhan

Menjadi teman ada baiknya tetap mengingat Tuhan dimanapun kalian berada seperti contohnya ibadah. Teman yang positif akan mengingatkan kita untuk beribadah meskipun misalnya sedang liburan atau nongkrong bareng.

Selain itu, hal ini juga bisa memupuk rasa toleransi antar umat beragama di circle pertemananmu. Jangan sampai kita melupakan ibadah ketika sedang asyik bersama teman.

3. Tidak egois dan sadar diri

Teman yang seperti ini harus dipertahankan karena susah rasanya apabila satu circle dengan orang egois yang bertindak semaunya sendiri. Apabila tidak dituruti, maka ia akan marah. Hal ini juga berdampak buruk bagi kesehatan mentalmu, lho! Jadi cukup berbuat baik kepadanya tanpa ada hubungan pertemanan yang erat.

4. Saling tolong-menolong

Penting bagi kita untuk memilih teman yang ada disaat kita membutuhkan bantuan dan mau menolong. Hal ini bertujuan supaya saling memberikan manfaat dalam circle pertemanan. Jadi tidak ada yang merasa diuntungkan ataupun dirugikan.

5. Tidak melakukan hal negatif

Hal negatif ini bisa bermacam-macam seperti suka menuduh, berbohong, gampang emosi, dan lain sebagainya. Tindakannya yang seperti itu juga bisa merusak kesehatan mentalmu meskipun sifatnya sangat baik. Oleh karena itu, penting untuk memilih teman yang positif.

Itu dia 5 cara untuk mendapatkan circle pertemanan yang positif. Baik boleh, asalkan harus positif!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak