facebook

5 Pertimbangan Sebelum Menjalin Asmara dengan Rekan Kerja

Riva Khodijah
5 Pertimbangan Sebelum Menjalin Asmara dengan Rekan Kerja
Ilustrasi hubungan cinta antara rekan kerja (unsplash.com/Aleksandra Sapozhnikova)

Terkadang hati memang tak bisa ditebak menuju ke arah mana. Rekan kerja yang semula kamu pandang biasa-biasa saja, siapa sangka bisa timbul benih-benih cinta. Nah, sebelum kamu memutuskan menjalin asmara dengan rekan kerja, pastikan beberapa hal penting berikut ini dipertimbangkan dulu. Apa saja hal penting yang dimaksud? Mari ikuti pembahasannya di bawah ini!

1. Tak melanggar kebijakan perusahaan

Ya, secara teori memang menjalin hubungan dengan rekan kerja harusnya sah-sah saja. Akan tetapi, praktik di lapangan bisa berbeda.

Masih ada perusahaan yang menerapkan kebijakan tak membolehkan karyawannya memiliki hubungan romantis. Maksudnya memang baik, yakni untuk menjaga profesionalitas. Maka dari itu, pastikan dulu kebijakan perusahaanmu gak melarang untuk menjalin hubungan dengan sesama rekan kerja, ya.

2. Kemampuan menjaga profesionalisme

Kalau sekarang saja di mana kalian masih status pendekatan sikapmu sudah berubah. Yaitu, tak bisa memberi penilaian objektif, dan cenderung selalu berpihak pada gebetan, maka artinya kamu gak bisa bersikap profesional.

Kariermu bisa berisiko, lho, apabila nanti menjalin hubungan dengannya dan ternyata hal itu berpengaruh pada pengambilan keputusan yang sama sekali gak objektif. Reputasimu bakal hancur karena dianggap pilih kasih.

3. Jika hubungan nantinya berjalan serius, siapkah mengorbankan karier

Hal ini berlaku apabila perusahaan tak mendukung suami istri berada dalam perusahaan yang sama. Kamu pun perlu mempertimbangkan hal ini.

Jika ternyata nanti hubungan berjalan serius, apakah kamu siap mengorbankan karier di perusahaan sekarang. Atau, apakah pasangan nanti bisa mengorbankan kariernya supaya kamu tetap berada di perusahaan yang sama?

4. Antisipasi hal terburuk terjadi

Kamu pun perlu memikirkan apabila nanti hubungan asmara tidak berjalan semestinya. Misalnya, kamu dan dia berpisah. Apakah mungkin kalian tetap bisa menjaga hubungan tetap profesional layaknya sebelum kalian dekat?

5. Risiko kebosanan

Di antara permasalahan yang kerap terjadi dalam hubungan asmara, adalah rasa bosan. Apa nantinya kamu gak jenuh melihat wajahnya terus setiap hari? Hal ini pun perlu dipikirkan matang-matang supaya jangan sampai kamu sudah mengambil keputusan bersama dengannya, tapi ternyata gak berjalan mulus akibat kejenuhan yang kamu rasakan.

Itulah lima pertimbangan sebelum menjalin asmara dengan rekan kerja. Coba pertimbangkan hal-hal tadi agar apa pun keputusan yang bakal kamu ambil sudah menyadari risikonya, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak