facebook

3 Cara Hadapi Teman yang Suka Meminjam Barang Tapi Jarang Dikembalikan

Rania Erin Oktiara
3 Cara Hadapi Teman yang Suka Meminjam Barang Tapi Jarang Dikembalikan
Ilustrasi orang menegur temannya yang jarang mengembalikan barang (Pixabay.com/Rickey123)

Hayo ngaku, siapa yang punya teman seperti itu? Pasti kita pernah merasakannya. Teman yang suka meminjam barang namun jarang atau bahkan tidak pernah dikembalikan itu tidak hanya terjadi di lingkungan sekolah saja, loh! Bahkan di kampus atau kantor pun kerap terjadi.

Kamu pasti merasa jengkel dan kesal punya teman yang memiliki karakteristik seperti itu. Tapi apa daya kalau kamu juga sungkan untuk menegurnya. 

Ini 3 cara untuk menghadapi teman yang suka meminjam barang tapi jarang dikembalikan. Simak selengkapnya!

1. Bawa barang seperlunya

Kamu boleh membawa barang yang komplit, misalnya tempat pensil yang ada beberapa pena atau peralatan menulis lainnya di dalamnya. Namun, apabila kamu sadar akan perilaku temanmu yang demikian, alangkah baiknya kamu tidak menunjukkan bahwa kamu membawa peralatan yang komplit.

Untuk mengantisipasi hal itu, kamu juga bisa membawa barang seperlunya saja atau tidak berlebihan, seperti cukup membawa satu pena atau bolpoin saja ke sekolah. Daripada harus berbohong, lebih baik melakukan cara ini saja.

2. Segera minta barang yang ia pinjam

Kamu juga perlu memperhatikan kapan ia meminjam dan selesai menggunakan. Segera minta kembali barangmu saat tahu ia sudah selesai menggunakannya.

Jangan menunda cara ini, karena bisa saja kamu dan temanmu sama-sama lupa sehingga barang yang dipinjam hilang atau pindah ke tangan orang lain.

3. Jangan ragu untuk menegur

Memiliki barang pribadi penting halnya untuk dijaga sebaik mungkin apapun itu jenisnya. Kamu tidak perlu ragu atau takut menegur selagi itu masih menjadi hakmu.

Kamu perlu mengingatkannya bahwa ia pernah meminjam barangmu dan belum dikembalikan. Apabila hilang, kamu harus tegas meminta gantinya atau tidak memberinya kesempatan untuk meminjam barangmu lagi.

Kamu juga bisa menyarankannya untuk membeli dan membawa peralatan sendiri agar tidak meminjam barang orang lain. Cara ini juga bertujuan supaya ia bisa bertanggung jawab dengan apa yang telah diperbuat.

Itulah 3 cara untuk menghadapi teman yang seringkali meminjam barang tapi jarang dikembalikan dengan berbagai alasan. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak