facebook

Mahasiswa Harus Tahu, 3 Alasan Tidak Boleh Menghubungi Dosen saat Hari Libur

Rania Erin Oktiara
Mahasiswa Harus Tahu, 3 Alasan Tidak Boleh Menghubungi Dosen saat Hari Libur
Ilustrasi mahasiswa sedang menghubungi dosennya (Pixabay.com/Firmbee)

Setiap mahasiswa yang memiliki kepentingan dengan dosen pasti ingin segera menghubungi dosen tersebut, meskipun hari libur. Padahal, hal itu tidak etis, lho!

Menghubungi dosen ketika hari libur boleh saja dilakukan asalkan sudah ada kesepakatan atau janjian sebelumnya. Nah, kalau kasusnya seperti itu, maka sah-sah saja untuk menghubungi dosen yang bersangkutan.

Ada 3 alasan mahasiswa tidak boleh menghubungi dosen saat hari libur. Simak selengkapnya!

1. Bukan jam kerja

Hari libur bukanlah jam kerja seorang dosen. Dosen juga manusia biasa layaknya mahasiswa yang punya kegiatan lain di luar jam mengajar. Oleh karena itu, hargailah waktu orang lain. Ada saatnya bekerja dan tidak.

Posisikan dirimu sebagai dosen yang selalu dihubungi mahasiswa ketika hari libur, tidak enak kan? Nah, begitulah kira-kira perasaan dosenmu. Selain itu, tak jarang dosen tidak membalas pesan dari mahasiswa ketika hari libur.

Apabila hal itu sangat penting lebih baik hubungi dosenmu pada sore hari sekitar jam 5 - 6 sore. Tanyakan terlebih dahulu kesediaannya untuk dihubungi.

2. Ada aktivitas lain

Kamu tidak pernah tahu aktivitas atau kegiatan apa yang dosenmu lakukan ketika hari libur. Entah itu beribadah, olahraga, berkumpul dengan keluarga, ke luar kota, atau aktivitas lainnya.

Hal ini bisa mengganggunya, lho! Aktivitas lain ini bukan hanya sekedar kumpul bersama keluarga, tapi bisa jadi sedang mengerjakan tugas dari kampus yang belum sempat terselesaikan.

Kamu harus bisa memahami kondisi dan tahu waktu ketika hendak menghubungi dosen. Lebih baik ketika hari libur, kamu melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan kuliah. Kamu juga bisa mengoreksi lebih teliti lagi pekerjaanmu yang hendak dikonsultasikan dengan dosen.

3. Waktunya istirahat

Dosen juga memiliki rasa lelah sama seperti mahasiswa. Hari libur merupakan hari yang tepat digunakan untuk beristirahat dan me-refresh otak sejenak sebelum kembali bekerja.

Terlebih ketika saat itu kebetulan dosenmu sedang sakit, apa kamu tidak merasa semakin sungkan? Nah, hal ini juga yang dikhawatirkan akan mengganggu istirahat orang lain.

Itu dia 3 alasan tidak boleh menghubungi dosen saat hari libur. Menjadi mahasiswa harus tahu sikap etis dan lebih menghargai waktu orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak