facebook

Pertemanan Pengaruhi Masa Depan, Intip 3 Tips Memilih Circle Pertemanan!

Adira Putri Aliffa
Pertemanan Pengaruhi Masa Depan, Intip 3 Tips Memilih Circle Pertemanan!
Ilustrasi anak-anak muda (Pexels.com/Helena Lopes)

Sebenarnya berteman memang dianjurkan dengan siapa saja. Mencari teman yang sebanyak-banyaknya juga sangat diperbolehkan. Toh, relasi itu sangat penting untuk keberlangsungan hidup di dunia ini.

Semakin banyak relasi, tentunya itu akan memudahkan kita untuk melakukan beberapa hal yang kiranya butuh bantuan orang lain.

Namun, bila sudah membahas teman dekat atau circle pertemanan terdekat yang sering kita temui setiap harinya, tentu kita harus memilihnya. Sebab lingkungan pertemanan terdekat sangat memengaruhi kehidupan dan kebiasaan kita sehari-hari.

Yuk intip 3 tips memilih circle yang baik di bawah ini! Simak sampai habis ya!

1. Cari Orang-orang yang Memberi Dampak Baik

Maksud orang-orang yang memberi dampak baik di sini adalah mereka yang bisa menjadi pendengar yang baik, supportif, dan memiliki jiwa yang positif.

Ketika kamu merasa bahagia dan waktumu tidak terasa sia-sia bahkan bermanfaat jika berkumpul dengan mereka, maka mereka memang teman yang berdampak baik untukmu.

Pastinya berbeda dengan teman yang ketika kamu berkumpul dengan mereka, kamu merasa tidak nyaman, bahkan kamu melakukan hal-hal yang negatif ketika bersama mereka. Tentunya itu akan mempengaruhi kebiasaan juga sikapmu nanti. 

2. Memiliki Tujuan Baik yang Sama

Akan lebih baik lagi, bila kamu memilih pertemanan yang memiliki tujuan baik yang sama. Misal kamu dan kelompok pertemananmu memiliki visi misi yang sama, seperti ingin berkembang bersama, maju bersama, dan menjadi versi terbaik dari diri sendiri bersama-sama.

Kalian sering melakukan kegiatan yang positif untuk merealisasikan hal tersebut, seperti ikut organisasi pengembangan diri, seminar pengembangan diri, olah skill, saling mendukung satu sama lain, sering diskusi, bahkan membangun bisnis bersama, bisa juga yang lainnya.

3. Saling Menghargai dan Mengerti 

Teman yang positif tentunya harus saling menghargai dan saling mengerti satu sama lain. Di mana mereka saling menerima apa adanya, saling mengisi, dan saling memperbaiki agar sama-sama bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Lalu, sama-sama belajar untuk berkembang.

Teman yang positif juga pasti bisa menjadi pendengar yang baik. Mereka selalu ada untuk mendengarkan dan memberikan solusi terbaiknya, bila diminta. Intinya mereka selalu tahu waktu dan benar-benar mengertimu.

Nah itu dia tadi 3 tips memilih circle pertemanan yang baik. Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Oh iya, bila kamu belum menemukan sosok teman yang seperti itu, kamu bisa memulainya dari dirimu sendiri dan membangun circle positifmu dari dirimu sendiri, oke? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak