facebook

4 Sikap Kecil untuk Menghargai Orang Lain

oce blue
4 Sikap Kecil untuk Menghargai Orang Lain
Ilustrasi pertemanan.[Pixabay]

Menghargai orang lain tidak harus dengan hal besar dan menguras energi. Ada beberapa hal yang sebenarnya kecil dan bisa kita lakukan. Namun, hal kecil itu bisa membuat orang lain merasa dihargai. Ada 4 contoh yang bisa kamu lakukan agar hubunganmu dengan sesama berjalan baik. 

1. Bersedia mendengarkan

Ketika orang lain sedang memulai ceritanya, bersedia lah dengan tulus untuk mendengarkan apa yang mereka katakan.  Jadilah pendengar yang baik dan tidak memotong pembicaraannya. Dengan mau mendengarkan cerita mereka, tentunya ini sudah menunjukkan bahwa kamu memang menghargai orang lain. Berilah tanggapan yang membangun pula untuk mereka jika memang kamu dimintai pendapat. 

2. Tatap mata lawan bicara

Mungkin beberapa orang masih sulit untuk menatap mata lawan bicara. Hal ini bisa dikarenakan malu, tidak percaya diri, atau karena memang tidak terlalu dekat dengan lawan bicaramu. Tapi, usahakan menatap mata mereka meski tidak mudah. Tidak harus selalu menatapnya sepanjang pembicaraan, tapi menatap mata lawan bicara membuat orang yang sedang mengobrol denganmu merasa dihargai. Mereka juga merasa bahwa kamu juga fokus dengan pembicaraan yang sedang dilakukan. 

3. Tidak melupakan nama orang

Hal ini sangat sederhana, tapi pengaruhnya tidak biasa. Sekalipun dengan orang yang baru beberapa hari kamu kenal, jangan lupakan namanya. Saat berjumpa, kamu bisa memanggilnya yang bisa membuat hubunganmu menjadi lebih dekat. Nama adalah suatu identitas orang lain, jika kamu melupakan nama mereka, bisa jadi mereka merasa kurang dihargai. 

4. Tepat waktu

Hal ini memang masih sulit diterapkan. Jika kamu mempunyai janji untuk bertemu dengan orang lain, siapa pun itu, usahakan jangan mengulur-ulur jika tidak ada alasan yang pasti. Usahakan tepat waktu atau bahkan sedikit lebih awal dari yang dijanjikan. Datang tepat waktu menunjukkan bahwa kamu adalah orang disiplin dan menghargai waktu. Mereka juga tidak usah menunggu jika kamu tepat waktu. 

Menghargai orang lain dengan sikap sederhana juga sudah sama halnya dengan menghargai perasaan mereka. Tentunya ini bukan hal yang sia-sia. Hargailah orang lain, maka orang lain juga akan menghargaimu. Meski dari orang yang berbeda. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak