facebook

5 Alasan Tidak Perlu Ikut Campur Urusan Orang Lain, Enggak Penting!

Rania Erin Oktiara
5 Alasan Tidak Perlu Ikut Campur Urusan Orang Lain, Enggak Penting!
Ilustrasi ikut campur urusan orang lain (Pexels.com/Timur Weber)

Kamu pasti pernah mendengar curhatan teman dan terkadang terbawa emosi hingga lupa diri ingin masuk ke dalam masalahnya? Atau ada gosip hangat di sekitarmu yang ingin sekali kamu usik? Hmm, lebih baik hal itu dipikirkan dulu matang-matang.

Mendengarkan curhatan orang lain dan memberinya masukkan memang diperbolehkan asalkan tidak melebihi batas hingga ikut campur urusan orang tersebut. Ada 5 alasan kamu tidak perlu ikut campur urusan orang lain. Simak selengkapnya!

1. Agar tidak terjerumus ke dalam masalah orang lain

Sering kali orang berpikir bahwa ikut campur ke masalah orang lain bisa membantu orang tersebut untuk menemukan titik terang. Namun, tanpa disadari hal itu justru mendatangkan masalah tanpa diduga. Misalnya kamu jadi ikut terseret ke dalam masalah orang tersebut, kamu dituduh bersekongkol dan menyudutkan orang lain, dan lain sebagainya.

2. Menghargai privasi orang lain

Tidak ikut campur urusan orang lain merupakan salah satu bentuk untuk menghargai privasi mereka. Apabila kamu sudah tahu sebab masalah mereka, maka cukup sampai di situ saja informasi yang kamu simpan, jangan mengorek hingga ke akar dan tidak sadar sudah terlalu jauh masuk ke ranah privasi orang lain.

3. Menghindari permusuhan

Apabila kamu ikut campur masalah orang lain bisa jadi pihak tertentu menjadi tidak menghargai keberadaanmu karena dianggap bersekongkol dengan orang yang bermasalah dengannya. Oleh karena itu, jangan ikut campur masalah orang lain agar terhindar dari permusuhan

4. Membuang waktu dan tenaga dengan percuma

Urusan orang lain biarlah menjadi urusannya. Kamu tidak perlu repot memikirkan dan melakukan tindakan untuk ikut campur urusan mereka karena akan membuang waktumu dengan percuma.

Selain itu, ikut campur masalah orang lain juga akan menguras tenaga. Oleh karena itu, lebih baik apabila ada orang yang curhat denganmu, maka beri ia saran yang membangun atau motivasi.

5. Tidak menambah masalah baru dan hidup jadi lebih tenang

Ikut campur bisa menimbulkan masalah baru seperti permusuhan, pertengkaran, dan hal negatif lainnya yang seharusnya tidak terjadi pada dirimu. Oleh karena itu, tidak ikut campur urusan orang lain bisa membuat hidup menjadi lebih tenang.

Nah, itu dia 5 alasan tidak perlu ikut campur urusan orang lain karena bisa merugikan diri sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak