facebook

5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Hidupmu

Rizky Melinda Sari
5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas Hidupmu
Ilustrasi to do list (pexels)

Ada beberapa kebiasaan sederhana yang kelihatannya tidak terlalu berdampak besar bagi kehidupan kita, tetapi sebenarnya jika kita laksanakan dengan disiplin, bisa meningkatkan kualitas hidup kita. Hidup yang kita jalani sehari-hari pasti tidak terlepas dari yang namanya kebiasaan. Suatu kegiatan akan menjadi kebiasaan jika kita secara sadar atau tidak sadar terus melakukan hal tersebut berulang-ulang.

Berikut lima kebiasaan sederhana yang jika kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, akan membuat hidupmu menjadi lebih berkualitas. Yuk, disimak!

1. Social media detox

Identifikasi berapa lama waktu yang kamu habiskan dalam sehari untuk bermain media sosial. Pasti rata-rata dari kita menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk berselancar di berbagai media sosial.

Cobalah untuk membuat batasan, maksimal dua jam per hari. Perlahan tapi pasti, terus kurangi durasi yang kita habiskan untuk bermain media sosial. Kita bisa mencari kegiatan lain yang bisa mengalihkan perhatian kita dari media sosial.

2. Kerjakan tugas sederhana sesegera mungkin

Ketika kamu mendapat tugas yang tidak terlalu berat atau tidak terlalu menuntut perisapan yang lama, segera kerjakan dan tuntaskan tugas tersebut saat itu juga.

Hal ini bertujuan agar tidak tertumpuk dengan tugas lainnya yang mungkin akan lebih berat. Mengerjakan tugas segera setelah diberikan juga dapat menghindarkan kamu dari stres dan perasaan tertekan.

3. Istirahat yang cukup

Jangan sepelekan istirahat yang cukup. Tanpa istirahat, kita tidak akan bisa bekerja dan beraktivitas dengan normal, karena kondisi tubuh kita tidak dalam keadaan yang baik-baik saja. Ingatlah bahwa istirahat juga merupakan salah satu bagian dari perjuangan kita.

Ada beberapa orang yang merasa beristirahat hanya akan menunda selesainya pekerjaan mereka. Padahal, istirahat walaupun sejenak dapat mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran menjadi segar, sehingga pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih ringan.

4. Rencanakan kegiatan esok hari

Siapkan hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan besok hari, mulai dari pagi sampai malam, mulai dari yang paling penting sampai opsional.

Hal ini akan membantu tidurmu menjadi tenang karena kamu sudah tahu harus melakukan apa di hari esok, dan tidak terlalu overthinking karena takut lupa.

5. Rencanakan waktu pagi

Orang yang sukses adalah orang yang mampu memanfaatkan waktu paginya dengan baik dan optimal. Kamu bisa merencanakan kegiatan yang akan dilakukan pagi hari seperti berolahraga, membaca buku, atau meditasi.

Dengan demikian, kita jadi termotivasi dan menanamkan pikiran untuk bangun pagi dengan semangat karena kita tahu apa yang harus kita lakukan nantinya.

Itulah lima kebiasaan sederhana yang bisa coba kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kesuksesan adalah kumpulan dari keberhasilan-keberhasilan kecil. Jadi, bangunlah habit atau kebiasaan yang baik agar kesuksesan semakin mendekat pada kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak