facebook

4 Tips Memilih Buah Segar di Swalayan, Salah Satunya Cium Aromanya!

Nanik Srisunarni
4 Tips Memilih Buah Segar di Swalayan, Salah Satunya Cium Aromanya!
Ilustrasi Membeli Apel Segar.[Pixabay.com/Pexels]

Bagi kamu para pejuang hidup sehat, sudahkah membeli buah segar hari ini? Apakah kamu sudah mampu membedakan mana buah segar dan mana buah yang kurang segar? Jika kamu belum tahu, maka kali ini aku akan membagikan tips memilih buah yang segar.

Ini dia 4 tips memilih buah yang segar, kamu harus tahu!

1. Perhatikan warnanya

Pastikan kamu memilih buah yang memiliki warna yang cerah dan segar. Hal ini penting karena dengan warna yang cerah bisa mengindikasikan bahwa buah tersebut masih segar dan memiliki rasa yang lebih manis dan segar. Namun kamu juga harus waspada dan berhati-hati dalam membedakan warna buah, karena tidak sedikit penjual buah nakal yang memberikan pewarna tambahan pada kulit buah agar terlihat lebih segar dan mencolok.

2. Perhatikan kulitnya

Perhatikan kulit buah, apakah kulit itu masih bagus atau sudah berkeriput dan kering. Misalnya saja jika kamu hendak membeli buah apel, maka pastikan kulit apel tampak segar dan mulus bebas dari kerutan dan kesan kering pada kulitnya. Jika berkeriput dan kering, itu artinya buah yang kamu pilih sudah layu dan sebaiknya tidak kamu beli ya! 

3. Perhatikan tekstur buah

Tekstur buah dapat terlihat secara langsung, tapi bisa juga dengan cara menyentuh atau memegangnya. Buah yang bagus kualitasnya pastinya tidak akan bertekstur terlalu empuk ataupun terlalu keras. Misalnya ketika kamu memutuskan untuk membeli buah sawo, pilihlah tekstur sawo yang tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Jika terlalu empuk, bisa jadi sawo rentan busuk atau menuju busuk. Jika terlalu keras, bisa jadi sawo yang dijual belum matang dengan sempurna sehingga rasanya pun tidak akan enak ketika dimakan. Jadi kamu perlu memperhatikannya dengan saksama agar kamu tidak menyesal setelah membelinya!

4. Cium aroma buah

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan mencium bau atau aroma buahnya. Buah yang segar pastinya memiliki aroma yang lebih harum dan menggoda sedangkan buah yang sudah layu beraroma kurang harum. Misalnya saat kamu membeli jeruk, jeruk yang segar pastinya akan mengeluarkan bau yang harum, sebaliknya jeruk yang layu akan berbau kurang menyengat atau bahkan berbau tidak sedap. 

Itu dia 4 tips memilih buah segar yang bisa membantumu ketika membeli buah segar. Semoga artikel ini bermanfaat ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak