facebook

3 Tips agar Anak Mudah Berkonsentrasi, Penting untuk Masa Depannya!

Latifah ..
3 Tips agar Anak Mudah Berkonsentrasi, Penting untuk Masa Depannya!
Ilustrasi anak sedang belajar.[pexels.com/RODNAE Productions]

Kemampuan berkonsentrasi sangat penting dalam mendukung kesuksesan. Orang yang bisa fokus biasanya lebih produktif, karena ketika mengerjakan sesuatu enggak terdistraksi oleh lingkungan sekitarnya.

Hal ini juga berlaku bagi anak-anak. Apalagi di fase ini mereka sedang giat-giatnya belajar. Kesulitan konsentrasi bisa membuat anak jadi enggak bisa fokus dengan apa yang dipelajarinya. Akibatnya, nilai di sekolahnya pun jadi enggak maksimal.

Nah, agar anak bisa lebih mudah berkonsentrasi, berikut akan diulas 3 tipsnya. Simak terus, ya!

1. Ajak anak permainan asah otak

Layaknya otot yang akan kuat apabila sering dilatih, maka otak pun seperti itu. Semakin otak dilatih untuk berkonsentrasi terhadap sesuatu, maka lama-lama anak akan lebih mudah fokus.

Salah satu caranya, yaitu ajak anak untuk melakukan permainan asah otak seperti puzzle, sudoku, atau permainan catur. Jenis permainan seperti ini umumnya mendorong anak untuk berkonsentrasi serta dapat melatih daya ingatnya. Tentu akan sangat berguna nantinya dalam mendukung proses belajar.

2. Biasakan pola tidur yang baik

Seperti orang dewasa yang akan kesulitan berkonsentrasi saat kurang tidur, maka anak juga sama. Untuk itu, orangtua berperan penting agar anak memiliki pola tidur yang baik.

Hal tersebut bisa dilakukan, misalnya dengan membuat jadwal tidur yang tetap. Dengan demikian, anak jadi bisa menyesuaikan aktivitasnya. Kalau sudah waktunya tidur, enggak bisa kompromi. Ini penting agar tubuh dan otaknya bisa beristirahat sehingga dapat berfungsi dengan maksimal.

3. Ajak anak biasakan pola hidup aktif

Kalau selama ini anak sering mager, coba deh ayah bunda menerapkan pola hidup aktif. Ajak anak untuk olahraga rutin bareng orangtuanya, atau sering-sering mengajak anak bermain yang melibatkan fisiknya.

Gerak aktif seperti ini diperlukan agar aliran darah ke otaknya bisa lancar. Dengan demikian, otak berada dalam kondisi fit, sehingga si kecil bisa berkonsentrasi dengan baik.

Itu dia beberapa tips agar anak bisa fokus. Sebaiknya ayah bunda coba, ya, karena sangat penting bagi masa depan si kecil. Kemampuan menerima pelajaran baik, maka ilmu yang bermanfaat baginya nanti pun bisa diserap maksimal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak