facebook

2 Alasan Air Kolam Diberi Kaporit, Banyak yang Belum Mengetahuinya

Sunatus Solikhah
2 Alasan Air Kolam Diberi Kaporit, Banyak yang Belum Mengetahuinya
Ilustrasi kolam renang (Pexels/Pixabay)

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui alasan air kolam diberi kaporit. Air kolam yang dimaksud di sini bukan untuk ikan atau hewan jenis lain, tapi untuk berenang. Seperti kita tahu bahwa saat berenang seperti di kolam pemandian umum biasanya tercium bau kaporit menyengat.

Banyak orang sudah mengetahui bahwa air tersebut mengandung kaporit. Tapi, masih sedikit yang memahami alasan mengapa harus diberi. Merangkum laman HelloSehat dan sumber lain, 2 alasan pemberian kaporit dalam kolam renang yaitu:

1. Menjaga Kemurnian Air

Alasan air kolam diberi kaporit pertama adalah menjaga kemurnian air. Sebab, air kolam renang mudah terkontaminasi berbagai hal yang membuatnya mudah kotor. Bisa karena faktor eksternal dari lingkungan, maupun internal dari manusia tersebut sendiri.

Beberapa contoh dari lingkungan yaitu debu atau partikel yang biasanya tertiup angin, masuknya air kotor serta hujan dengan kandungan spora alga mikroskopis. Kondisi ini rentan terjadi saat letak kolam renang di area outdoor.

Lain halnya indoor, potensi terkontaminasi akibat lingkungan akan lebih rendah. Walaupun indoor potensinya rendah, tetap bisa terkontaminasi oleh tubuh manusia itu sendiri. Contohnya berupa urine, kosmetik, keringat, air liur dan lain sebagainya.

2. Membunuh Bakteri Patogen

Alasan air kolam diberi kaporit kedua yaitu membantu membunuh bakteri patogen. Kandungan klorin dalam kaporitlah yang membuatnya mampu berfungsi demikian. Jadi, kuman serta mikroorganisme pengancam kolam renang mampu teratasi dengan baik.

Tapi, pemakaiannya harus sesuai standar takaran yang ditentukan dan memenuhi batas aman. Bila takarannya kurang, akibat yang terjadi proses pembunuhan bakteri patogen tidak maksimal. Akhirnya berpotensi menimbulkan penyakit tertentu.

Takaran berlebihan juga tidak boleh karena bisa mengakibatkan dampak membahayakan bagi kesehatan tubuh. Penting diingat bahwa klorin adalah zat kimia. Terlalu banyak bukannya membuat sehat malah menimbulkan penyakit membahayakan lain.

Nah, itulah 2 alasan mengapa air kolam diberi kaporit, berbeda dengan kolam ikan. Tidak heran bila pada kurun waktu tertentu kolam renang umum dilakukan pengurasan dan diisikan air bersih baru beserta kaporit. Tujuannya tidak lain agar kebersihan senantiasa terjaga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak