facebook

5 Tips Hadapi Pasangan yang Suka Baper, Kenali yang Disuka dan Dibencinya!

Riva Khodijah
5 Tips Hadapi Pasangan yang Suka Baper, Kenali yang Disuka dan Dibencinya!
Ilustrasi pasangan marah (Pixabay.com/pasja1000)

Istilah ‘baper’ atau ‘bawa perasaan’ merujuk pada orang yang sensitif. Mudah sekali marah, tersinggung, atau sedih. Punya pasangan seperti ini memang menantang, karena salah-salah kata hubungan bisa runyam.

Nah, untuk menghadapi tipe pasangan yang baper seperti ini, ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti. Apa saja? simak terus ulasannya di bawah ini!

1. Kenali apa yang disuka dan dibencinya

Langkah pertama agar hubunganmu bisa lancar jaya dengan pasangan yang sensitif, adalah kenali apa yang disukai serta dibencinya. Dengan mengenal lebih jauh mengenai pribadinya, kamu jadi paham apa-apa saja yang mesti dihindari supaya tidak membuatnya tersinggung. Serta hal apa saja yang bisa dilakukan untuk membuatnya senang.

Jadi, walaupun pasangan punya sifat sensitif, tapi gak sampai mengancam hubungan. Karena kamu sudah paham ‘kuncinya’.

2. Kenali love language pasangan

Pasangan yang baper bisa disebabkan karena ia merasa tak dicintai. Untuk itulah penting memahami love language pasangan. Dengan demikian, kamu bisa menunjukkan perasaan cintamu padanya.

Boleh jadi selama ini kamu fokus dengan memberikannya hadiah sebagai bahasa cinta yang kamu anggap dapat membuatnya bahagia, tapi ternyata bahasa cintanya lain. Setelah didalami, sebenarnya dia butuh diyakinkan lewat ucapan, yaitu dengan mengatakan “I love you”, atau, “Aku sayang kamu”.

3. Perhatikan bahasa tubuhnya

Agar kamu bisa lebih memahami pasangan, coba perhatikan pula bahasa tubuhnya. Dengan demikian, kamu jadi tahu apa-apa saja yang bikin dia gak nyaman, sehingga di kemudian hari bisa dihindari.

4. Berempati terhadapnya

Sangatlah mudah untuk menuduh reaksinya berlebihan ketika kamu tidak berada di posisinya. Coba belajarlah lebih empati terhadap pasangan. Letakkan dirimu di posisinya. Kalau kamu menghadapi hal tersebut, kira-kira bakal tersinggung atau enggak. Dengan berempati, kamu jadi paham sudut pandangnya.

5. Jaga ucapan

Orang yang baper umumnya sangat serius menimpali perkataan seseorang, apalagi pasangannya. Maka dari itu, kamu perlu menjaga ucapan. Hindari lelucon-lelucon sarkastik atau berupa sindiran yang bisa membuatnya sakit hati, ya.

Tiap orang mempunya kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang sensitif, ada yang enggak. Semoga dengan tips tadi bisa membantumu menghadapi pasangan yang baper, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak