facebook

4 Tips Berlibur Seru dengan Biaya Hemat

Dream Praire
4 Tips Berlibur Seru dengan Biaya Hemat
Ilustrasi berlibur (Pexels.com/Artem Beliaikin)

Banyak orang menginginkan acara berlibur yang penuh keseruan. Tak sedikit yang berangan-angan berlibur ke tempat wisata yang jauh sampai ke luar negeri dengan pelayanan premium dan kuliner super lezat. Tak ada larangan untuk itu, namun jika saat ini dana yang kamu miliki belum memadai, bukan berarti kamu tak bisa berlibur.

Pinggirkan dulu destinasi-destinasi wah yang belum terjangkau isi dompet. Kamu bisa mencatatnya dalam wish list kamu untuk masa nanti. Sekarang kamu bisa tetap berlibur hemat dengan 4 tips berikut ini.

1. Cari informasi tempat wisata

ilustrasi daerah wisata (Pexels.com)/ Mikhail Nilov
Ilustrasi daerah wisata (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Kamu bisa mencari informasi dari internet namun pastikan sumbernya bisa dipercaya. Cari tahu sebanyak-banyaknya termasuk dari ulasan-ulasan yang diberikan oleh pengunjung.

Kamu bisa memilih beberapa alternatif untuk kemudian kamu seleksi lagi untuk mendapatkan daerah tujuan yang paling cocok. Sesuaikan dengan jenis wisata yang ingin kamu datang dan besaran anggaran yang kamu miliki.

2. Rencanakan jauh-jauh hari

ilustrasi berlibur (Pexels.com)/Gabriela Palai
Ilustrasi berlibur (Pexels.com/Gabriela Palai)

Dengan keterbatasan dana, kamu harus pintar-pintar mengelolanya agar berdaya guna maksimal. Buat perencanaan jauh hari agar kamu bisa mencari tahu hal-hal menguntungkan  untuk dipertimbangkan. Seperti misalnya saat ada momen program diskon.

Dengan masih banyaknya waktu, kamu juga terhindar dari harga tiket yang mahal. Rata-rata tiket transportasi yang dibeli dalam waktu yang sudah dekat cenderung mahal. Memang ada juga kemungkinan harga murah namun sebaiknya kamu tak mengambil risiko.

Begitu juga dengan akomodasi. Biaya hotel atau penginapan bisa kamu survey dengan lebih leluasa jika masih banyak waktu.

3. Hindari musim liburan

ilustrasi berlibur (Pexels.com) Michael Block
Ilustrasi berlibur (Pexels.com/Michael Block)

Walaupun kamu memang akan berlibur, namun bukan berarti kamu harus melakukannya di musim liburan. Semua biaya akomodasi dan transportasi saat momen liburan biasanya lebih mahal. Karena itu, sebaiknya kamu tak membuat rencana berlibur bertepatan dengan musim liburan.

Lagipula, saat musim liburan, rata-rata fasilitas wisata penuh dan terlalu ramai. Hal ini tentunya sangat mengurangi kenyamanan. Apalagi jika waktu kamu terbatas, sayang jika harus dihabiskan untuk mengantre di banyak tempat

4. Bijak memilih alat transportasi

ilustrasi berlibur (Pexels.com)/ Samuel Theo Manat Silitonga
Ilustrasi berlibur (Pexels.com/Samuel Theo Manat Silitonga)

Selama di daerah wisata dan kamu sendirian, akan banyak biaya yang harus kamu keluarkan jika kamu ke sana kemari dengan alat transportasi sejenis taksi yang dihitung berdasar argo. Lebih baik kamu menggunakan transportasi umum jika kamu bepergian sendirian. Ini tentu lebih hemat.

Namun, kamu harus menjaga kondisi tubuh tetap fit agar kamu bisa selalu waspada selama di kendaraan umum.

Jika kamu bepergian dengan berkelompok, kamu bisa menghitung untung ruginya berdasar biaya transportasi yang bisa ditanggung bersama. Kadang-kadang dengan patungan, kamu dan kawan-kawanmu justru lebih hemat menggunakan mobil sewa.

Demikianlah 4 tips berlibur dengan cara hemat. Ingatlah bahwa tujuan berlibur adalah untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh dari hiruk pikuk keseharian yang terkadang bisa membuat stres. Buatlah waktu berlibur kamu menjadi menyenangkan dan nyaman walau biayanya ekonomis.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak